News

CPNS 2018, Tenaga Pendidikan dan Kesehatan Tetap Prioritas

Ilustrasi pelamar CPNS. (sumber;internet)

JAKARTA - Seleksi Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS) segera digelar. Diterangkan MenPAN RB Asman Abnur pada Rakornas Kepegawaian, ada tiga formasi yang menjadi program wajib bagi seluruh daerah untuk kebijakan pengadaan Aparatur Sipil Negara tahun 2018 ini. Diantaranya untuk Pendidikan, Kesehatan dan penanggulan kesejahteraan.

Hal ini juga didengar langsung Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan dan membenarkannya. Dalam kegiatan tersebut juga diikuti oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta salah satu pembahasannya terkait seleksi CPNS itu sendiri. 

"Tahun ini akan dibuka CPNS, dan Riau mengajukan beberapa formasi. Jika mengacu dari jadwal, pembukaan penerimaan CPNS nya memang belum ada. Tapi dari arahan MenPAN RB ada yang harus menjadi perhatian yakni Kesehatan dan Pendidikan," terang Ikhwan, Kamis (12/7/2018).

Terkiat CPNS itu sendiri, Ikhawan mengaku masih menunggu arahan dari BKN. Dan untuk pelaksanaan seleksi dilakuan sistem Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).  Seluruh tes menggunakan sistem berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT). Selain itu, pendaftaran CPNS akan dilakukan terintegrasi melalui portal nasional via https://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi.

"Dari arahan kepala BKN sendiri dijelaskan, yang jadi tugas pokok kita adalah bagaimana merencanakan pegawai yang betul-betul sesuai dengan potensi daerah. Jadi betul-betul bisa merencanakan pegawai yang tepat sesuai dengan beban kerja," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, untuk usulan CPNS di lingkungan Pemprov Riau, akan mengusulkan sesuai dengan kuota PNS yang pensiun di Pemprov Riau, yang hampir mencapai 500 orang. Sedangkan untuk penerimaan formasi yang baru Pemprov Riau hanya mengajukan formasi tenaga ahli.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...