Dunia

PM Selandia Baru Desak Australia Ganti Bendera

Bendera

WELLINGTON - Hubungan yang dekat antara Selandia Baru dan Australia mengalami ketegangan setelah perdana menteri (PM) sementara Selandia baru menuduh Australia menyontek desain bendera mereka dan meminta Canberra untuk menggantinya. Warga Selandia Baru menolak untuk mengubah bendera mereka pada referendum 2015. 

"Kami memiliki bendera yang kami gunakan untuk waktu yang lama - dicontek oleh Australia dan mereka seharusnya mengubah bendera mereka," kata PM sementara Selandia Baru, Winston Peters kepada Television New Zealand sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (26/7/2018).

Komentar PM Peters itu disampaikan di saat hubungan antara kedua negara bertetangga itu tengah mengalami ketegangan setelah Australia mulai semakin banyak mendeportasi warga Selandia Baru yang dianggap gagal dalam “tes karakter”.

Penduduk yang bukan warga negara dapat gagal dalam tes tersebut jika mereka memiliki catatan kriminal yang substansial, mulai dari pelecehan seksual yang melibatkan anak-anak, pernah menjadi anggota geng kriminal, terlibat penyelundupan manusia atau jika tingkah laku mereka tidak menunjukkan karakter yang baik.

Bendera kedua negara berwarna biru dan menampilkan desain ‘Union Jack’ serta kelompok bintang Southern Cross. Bendera Inggris terlihat pada bendera Selandia Baru dan bendera Australia sebagai simbol negara anggota Persemakmuran. Satu-satunya perbedaan antara kedua bendera adalah bahwa desain Selandia Baru memiliki empat bintang merah, sementara Australia memiliki enam bintang putih.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...