News

Fakta Jelang Pendaftaran CPNS, Jalur Khusus hingga Sistem Penilaian

Ilustrasi tes CPNS. (sumber;internet)

JAKARTA - Pemerintah dalam waktu dekat akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Formasi tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan diprioritaskan dalam penerimaan CPNS 2018 ini.

Seleksi penerimaan CPNS 2018 menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan memberlakukan sistem Computer Assisted Test (CAT). CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Berikut ini fakta-fakta menarik tentang pembukaan pendaftaran seleksi CPNS 2018 yang dirangkum oleh Okezone Finance:

1. Ada Jalur Khusus untuk CPNS 2018
Pada seleksi CPNS sebelumnya, jalur khusus ditujukan kepada putra/putri Papua/Papua Barat, disabilitas, cumlaude, dan atlet. Tahun ini, pemerintah berencana memberikan kuota khusus calon pegawai negeri sipil (CPNS) bagi diaspora Indonesia. Tahun ini diaspora menjadi salah satu jalur khusus dalam penerimaan CPNS.

“Rekrutmen tahun ini akan lebih bervariasi. Pemerintah akan membuka formasi untuk anak bangsa yang berkarier di luar negeri, yakni para diaspora,” tandas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Re formasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur di Jakarta.

2. Kuota CPNS 2018 Belum Ditentukan
Pemerintah segera menetapkan formasi untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) karena saat ini pemerintah masih melakukan kajian terhadap usulan daerah. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan bahwa saat ini Kemenpan-RB masih memfinalkan usulan dari beberapa daerah. Hal ini dilakukan agar formasi yang ditetapkan sesuai dengan kebutuhan daerah.

3. Pendaftaran CPNS 2018 yang Molor Jadi Agustus
Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Mudzakir mengatakan, pembukaan pendaftaran CPNS 2018 nantinya akan dimulai pada awal Agustus 2018. Sebab, pihaknya akan mengumumkan formasi dan persyaratan untuk menjadi abdi negara tersebut ditargetkan pada akhir Juli 2018.

"Harapan kita memang seperti yang disampaikan Pak Menteri, semakin cepat semakin baik. Pak Menteri pernah menyampaikan kalau tidak akhir Juli awal Agustus," ujarnya.

4. Atlet Dapat Jalur Khusus di Seleksi CPNS 2018
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyebut ada beberapa formasi khusus yang disiapkan oleh pemerintah pada pembukaan CPNS 2018. Formasi khusus yang disiapkan adalah formasi khusus para atlet. Namun atlet yang dimaksud adalah atlet berprestasi yang berhasil menyumbangkan medali untuk Indonesia di event dunia. Para atlet tersebut nantinya akan disiapkan formasi khusus oleh pemerintah. Formasi tersebut terlepas dari formasi umum yang dibuka oleh pemerintah.

5. Bocoran Sistem Penilaian CPNS 2018
Seleksi penerimaan CPNS 2018 menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan memberlakukan sistem Computer Assisted Test (CAT). CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Tes yang akan ada dalam tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Untuk instansi yang seleksinya menggunakan CAT, jumlah keseluruhan soal sebanyak 100 soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban (A, B, C, D dan E). Penelitannya adalah 30 soal TWK (nilainya 0 jika salah dan 5 jika benar), 30 soal TIU (nilainya 0 jika salah dan 5 jika benar) dan 40 soal TKP (nilainya dari skala 1 s.d. 5,tidak ada nilai nol). Maka dari itu, jika seluruh soal dijawab dengan tepat, nilai maksimumnya adalah 500. Nilai Ambang Batas SKD CAT Seleksi CPNS 2018 berdasarkan Permenpan No. 22 Tahun 2017 adalah 75 untuk TWK, 80 untuk TIU, dan 143 untuk TKP.

6. Ada Peluang Besar di Seleksi CPNS 2018
Ada beberapa formasi yang akan menjadi prioritas dalam pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 ini, salah satunya adalah tenaga pengajar alias guru. Khusus tenaga guru, pemerintah akan menyiapkan kuota di luar kuota penerimaan CPNS 2018. Setidaknya pemerintah akan menyiapkan 100.000 untuk tenaga pengajar alias guru pada pembukaan CPNS 2018. Hal ini karena saat ini Indonesia kekurangan sekitar 700.000 guru di seluruh Indonesia.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...