News

Sekda: APBD Riau 2019 Kemungkinan Rp8 Triliun

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Dampak dari rasiolnalisasi dan lesunya perkonomian mebuat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau tahun depan menurun. Diperikirakan penurunan APBD tersebut mencapai angka Rp2 triliun. Jadi jika pada APBD 2018 Riau memiliki anggaran Rp10 triliun, tahun depan diprediksi hanya Rp8 Triliun. 

Penurunan angka APBD ini juga disebabkan Pemprov Riau mengurangi rencana pendapatannya sebesar 30 persen, guna menjaga likuiditas keuangan daerah agar tetap stabil. Hal tersebut disampaikan Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi, Kamis (23/8/2018) di Kantor Gubernur Riau. 

"Untuk mengantisipasi tunda salur itu, di tahun 2019 dalam RKPD dan KUA PPAS rencananya pendapatan itu kita kurangi 30 persen," katanya.

Menurutnya tak hanya Riau yang melakukan antisipasi itu, bahkan seluruh daerah penghasil minyak dan gas (Migas) juga sudah ambil ancang-ancang yang sama.

"Hampir semua provinsi maupun kabupaten yang penghasil Migas, mereka mengurangi pendapatan 30 persen dari Peraturan Presiden. 

Karena, lanjut Ahmad Hijazi, fotmula Peraturan Menteri Keuangan dengan kondisi seperti ini sudah bisa dimungkinkan tunda salur oleh Pemerintah Pusat pada tahun ini. 

"Jadi daripada nanti kita berandai-andai, di RKPD 2019 itu kita kurangi target pendapatan sebesar 30 persen," terangnya.

Lebih jauh disampaikan Ahmad Hijazi,  tahun 2017 Pemerintah Pusat masih berhutang Dana Perimbangan kepada Pemerintah Provinsi Riau lebih kurang Rp360 miliar yang hingga kini belum disalurkan.

"Karena adanya sinyal-sinyal tunda salur akan terulang kembali, mau tidak mau kita harus menurunkan APBD pada tahun anggaran baru nanti. APBD 2019 kita menurun, hanya berkisar Rp8 triliun," tandasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...