Hukrim

Buronan Facebook Tertangkap di Ekuador

ilustrasi (sumber;internet)

EKUADOR - Setelah buron selama hampir 3,5 tahun, orang yang pernah mencoba menipu pendiri Facebook Mark Zuckerberg akhirnya tertangkap di Ekuador, dan bakal diekstradisi ke Amerika Serikat.

Nama orang itu adalah Paul Ceglia, seorang salesman berusia 45 tahun asal Wellsville, New York, Amerika Serikat. Ia buron sejak Maret 2015, setelah ia melepas gelang elektronik dari kakinya dan kabur bersama istri, dua orang anak dan anjingnya.

Ceglia kabur dua bulan sebelum ia dijadwalkan menjalani sidang di Pengadilan Federal Manhattan atas tuduhan penipuan. Tuduhan itu muncul setelah ia membuat dokumen palsu untuk memeras Facebook dan Zuckerberg.

Kasus Ceglia ini berawal dari sebuah gugatan yang ia daftarkan pada 2010 terhadap Zuckerberg. Ia mengklaim kalau Zuckerberg semasa masih menjadi mahasiswa di Harvard pernah menandatangani kontrak yang menyatakan setengah dari situs media sosial yang saat itu dikembangkan Zuck (kini menjadi Facebook).

Hakim Distrik Richard Arcara kemudian menghentikan gugatan Ceglia itu setelah ada hakim lain yang menyebut kalau surat kontrak yang diajukan Ceglia sebagai bukti itu ternyata palsu, demikian dikutip dari Reuters, Sabtu (25/8/2018).

Alih-alih memenangkan gugatan, Ceglia malah menjadi pesakitan di meja hijau, setelah ia dipidana pada November 2012. Pengacara Ceglia pada kasus tersebut mengaku lega setelah Ceglia berhasil ditangkap tanpa ada insiden apa pun.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...