Viral

Kisah Jemaah RI Digendong Jemaah Suriah di Tanah Suci

sumber;internet

MEKKAH - Video pendek yang menunjukkan seorang jemaah haji asal Indonesia digendong jemaah haji asal negara lain, viral di media sosial. Pihak keluarga merasa terharu melihat video tersebut.

Video berdurasi 32 detik itu diunggah oleh akun Facebook Untukmu Yang Berjiwa Hanif @berjiwahanif pada Rabu (22/8/2018) lalu. Pantauan detikcom, hingga Sabtu (25/8/2018), video itu sudah ditonton sebanyak 5 ribu kali.

Dari video itu, terlihat seorang jemaah haji yang disebut berasal dari Nganjuk, Jawa Timur, yang mengenakan kemeja batik dan peci khas Indonesia digendong oleh jemaah haji asal negara lain. Dalam video itu, jemaah haji yang menggendong mengaku berasal dari negara Suriah.

Akun @berjiwahanif memberikan penjelasan bahwa jemaah haji Indonesia yang diketahui bernama Imam Hambali itu digendong sejauh 2 kilometer. Peristiwa itu terjadi usai Imam melakukan prosesi lempar jumroh di Mina dan harus berjalan kaki kembali menuju tenda.

Namun, Imam disebutkan tak mampu melanjutkan jalan kaki tersebut. Lantas dia digendong oleh seorang jemaah haji yang mengaku asal Suriah itu sejauh 2 kilometer menuju tenda.

"Jamaah Haji Suriah Gendong Jamaah Haji Indonesia Sepanjang 2 KM. Harus bagaimana kami membalas kebaikan anda Syeikh?! Kami hanya bisa mendoakan, semoga Allah mengangkat derajat anda di dunia dan di akhirat, dan semoga Allah melindungi anda dimanapun anda berada," demikian keterangan di akun @berjiwahanif tersebut.

"Sungguh mulia bapak/syekh dari negara suriah ini, dgn suka rela memikul jamaah haji dari Indonesia yang tak mampu berjalan kaki setelah melontar jumroh, saat pulang menuju tenda maktabnya, sejauh 2 Km jaraknya," lanjutnya.

detikcom mengkonfirmasi Anasrullah, anak dari Imam Hambali. Dia membenarkan jemaah haji Indonesia yang digendong itu adalah ayahnya. Namun dia belum berkomunikasi dengan orang tuanya terkait video tersebut.

"Iya, itu bapak saya. Tapi saya belum ada komunikasi dengan Bapak soal video itu. Terakhir komunikasi tiga hari lalu, kasih kabar dia dan ibu saya sehat-sehat di sana," kata Anasrullah, Sabtu (25/8/2018). 

Anasrullah merasa terharu melihat video itu. "Iya, itu bapak saya. Terharu melihat orang tua saya digendong seperti itu," kata Anasrullah.

Dia mengaku melihat video itu di media sosial dan pemberitaan beberapa media. Namun, hingga hari ini dirinya belum berkomunikasi dengan ayahnya yang sedang berada di Tanah Suci itu.

"Belum ada komunikasi soal video itu. Terakhir komunikasi tiga hari lalu, bapak kasih kabar dia dan ibu saya sehat-sehat di sana," kata Anasrullah. Untuk diketahui, ayahnya yang digendong itu bernama Imam Hambali. Dia berangkat haji bersama istrinya.

Terkait dengan kondisi Imam Hambali, Anasrullah mengatakan ayahnya itu tidak memiliki riwayat penyakut yang parah. Hanya saja memang sehari-hari agak kesulitan berjalan.

"Sakit nggak, cuma jalannya 'digluk-digluk' kalau di rumah," katanya.

Dengan melihat video itu, Anasrullah berharap ayah dan ibunya yang menjalankan ibadah haji di Tanah Suci dengan lancar. Dia juga berharap kedua orang tuanya bisa kembali ke rumah dalam keadaan sehat.

Baca juga: Viral Video Jemaah RI Kelelahan Digendong Jemaah Suriah di Tanah Suci

"Harapannya semoga ibadahnya lancar dan bisa pulang ke rumah dan sehat-sehat terus," katanya.

Video ini mendapatkan perhatian netizen Indonesia. Bahkan Gubernur Jawa Barat terpilih, Ridwan Kamil yang mengapresiasi jemaah haji yang menggendong Imam Hambali tersebut.

"Untuk semua orang, kelompok haji dari Suriah atau Mesir dalam foto ini yang membantu jemaah haji Indonesia kami yang sudah tua dan kesulitan berjalan, kami ingin menyampaikan jutaan terima kasih. Semoga Allah SWT merahmati kalian semua. Ini adalah bukti keindahan ukhuwah Islamiyah dan bukti bahwa keyakinan akan kemanusiaan masih ada," kata Ridwan Kamil lewat akun Instagram miliknya @ridwankamil.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...