Viral

Heboh Ada Awan Mirip 'UFO' di Atas Gunung Agung

sumber;internet

BALI - Foto awan dengan bentuk unik di atas Gunung Agung, Bali, ramai dibahas di media sosial. Ada yang menyebut mirip payung, piring, hingga UFO. Sebenarnya, apa penyebab munculnya awan tersebut? 

Awan yang melengkung itu disebut terjadi di atas Gunung Agung, Bali, pada Selasa (4/9) pagi. Terlihat sebuah bulatan mirip piring terbalik melayang di atas Gunung Agung.

"Kayak payung," tulis @madeinbali2 di salah satu akun Instagram yang mengunggah foto itu.

"Ufo min ufo wkwk," tulis @sakaroyer.

Kepala Humas BMKG Harry Tirto menjelaskan fenomena itu disebut lenticular clouds. Jenis awan itu memang biasa terjadi di atas gunung atau perbukitan. 

"Lenticular clouds (altocumulus lenticularis atau lenticularis stand altocumulus) merupakan sejenis awan yang unik dan biasanya terbentuk di sekitar bukit-bukit dan gunung-gunung akibat pergerakan udara di kawasan pegunungan," kata Harry lewat pesan singkat, Selasa (4/9/2018). 

Dia menambahkan awan itu disebut lenticularis karena bentuknya mirip lensa. Bentuknya yang unik menjadi daya tarik bagi awan tersebut. 

"Awan ini dinamakan lenticularis, yang artinya 'berbentuk lensa', dan biasanya cukup disebut sebagai awan 'lennies'," terangnya.

Meski merupakan salah satu fenomena alam yang indah, jenis awan ini dihindari oleh para pilot penerbangan. Awan ini bisa menyebabkan turbulensi bagi pesawat yang nekat terbang mendekat awan tersebut. 

"Pilot pesawat cenderung menghindari terbang dekat awan lenticular karena turbulensi sistem rotor yang menyertainya," jelasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...