Advetorial

Jaminan Air Bersih, Pemko Pekanbaru Berupaya Tingkatkan Pelayanan PDAM Tirta Siak

Penandantangan MoU untuk pengembangan air bersih di Kota Pekanbaru

PEKANBARU - Kota Pekanbaru menjelma menjadi kota berkembang yang cukup besar. Geliat ekonomi yang cukup tinggi membuat Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT mengedepankan beberapa program pendukung investasi dan kenyamanan masyarakat. Salah satunya adalah peningkatan Jalan, Listrik, Air (Jalita). Khusus untuk ketersediaan air bersih yang bisa menjadi 'terancam' jika pertumbuhan Pekanbaru yang cepat ini menjadi prioritas setelah listrik. 

Dengan keberadaan Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak, Walikota Pekanbaru berkeinginan ketersediaan air bersih bisa menjadi utama dan penting. Hal tersebut ditunjukkan dengan penyertaan modal besar guna mensubsidi air bersih kepada masyarakat di Kota berjuluk Smart City Madani ini. 

Pihaknya mengucurkan dana miliaran rupiah yang diperuntukkan untuk pemasangan pipa tapping ke rumah-rumah masyarakat di lima kelurahan. Di mana pelaksanaan pekerjaan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). 

"Tahun ini juga ada, pemasangan pipa oleh PUPR. Itu kan dalam bentuk kegiatan dari OPD, operasionalnya PDAM," jelasnya.

Disampaikan Wako, bahwa anggaran pengerjaan pemasangan pipa berasal dari dana alokasi khusus (DAK) dan bukan murni Pemko Pekanbaru. Namun Wako menegaskan, bahwa itu adalah dana Pemko Pekanbaru. 

"Jadi pemahamannya yang keliru. Mau dana dari APBN, APBD provinsi dan APBD kota, itu semua dana pemerintah. Masuknya ke rekening pemko juga," tambahnya.

Terakhir, dikatakannya, pemko juga menggelontorkan dana puluhan miliar dalam bentuk penyertaan modal untuk penyelesaian utang PDAM Tirta Siak. "Penyertaan modal ada kami berikan," pungkasnya.***



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...