News

Selfie KTP untuk Daftar CPNS 2018. Ini Pedomannya

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA -  Pendaftaran CPNS 2018 di situs https://sscn.bkn.go.id/ terbilang agak berbeda dibandingkan sebelumnya. Peserta harus memiliki akun terlebih dulu di situs SSCN yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebelum mendaftar seleksi CPNS untuk instansi yang ditujunya.

Berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional Tahun 2018, setelah terdaftar memiliki akun di situs SSCN, calon pelamar harus menunggah swafoto atau selfie dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan cara baru dalam alur pendaftaran ini dilakukan untuk memastikan kecocokan antara pelamar dan identitasnya.

Swafoto ini wajib dilakukan jika pelamar ingin mendapatkan kartu pendaftaran CPNS 2018. Kartu itu akan menjadi penanda pelamar bisa melanjutkan ke jenjang tes berikutnya.

Proses Pendaftaran Akun

Perlu dicatat sebelum mencetak kartu informasi akun SSCN, pelamar harus terlebih dahulu memenuhi form pendaftaran. Pendaftaran dilakukan di situs sscn.bkn.go.id kemudian tekan tombol register.


Isi alamat email aktif, password akun portal SSCN, dan CAPTCHA. Kemudian, isi data Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga. 

Hal yang perlu dicatat, pas foto yang diunggah harus berformat jpeg dengan besar arsip digital antara 120-200 kb. Baru setelah itu, pelamar bisa mencetak kartu informasi akun SSCN 2018.

Selanjutnya, BKN meminta pelamar untuk masuk kembali ke portal sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan Password yang telah didaftarkan. Swafoto yang dimiliki pelamar selanjutnya diunggah ke akun SSCN. 

Sementara itu untuk swafoto, pelamar bisa melakukan dua cara yaitu memotret diri sendiri dengan membawa KTP dan kartu informasi SSCN di satu tangan. Atau, bisa meminta orang lain memotret pelamar yang membawa kedua identitas tadi.

Perhatikan pencahayaan tempat di mana pelamar melakukan selfie. Pilih tempat yang memiliki cahaya cukup bagus. Sebelum mengunggah ke situs SSCN, cek apakah hasilnya sudah cukup memuaskan untuk pendaftaran CPNS 2018.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...