Kampus

Dosen Unilak Narasumber Seminar Nasional Pelindungan Perempuan dan Anak di Siak

Foto bersama

PEKANBARU - Dosen universitas Lancang Kuning yang juga wakil dekan III Fakultas hukum menjadi narasumber dalam seminar nasional tentang perlindungan anak dan perempuan di kabupaten Siak.

Acara ini digagas oleh dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk, dan keluarga berencana kabupaten Siak, Selasa (16/10), yang berlangsung satu hari penuh dan dibuka oleh wakil bupati Drs. Alfedri.MM dan dihadiri oleh 200 peserta yang berasal dari berbagai bidang seperti kepala desa,guru,pegawai negeri dan aktivis wanita di kab Siak.

Dr.Fahmi.SH.MH yang juga merupakan praktisi hukum ternama ini hadir sebagai pembicara bersama dengan Dr.Imriati Fuad,SH.MH kabag Hukum Kementrian Pemberdayaan perempuan dan anak Pusat. 

Dalam seminar sehari ini, Dr.Fahmi mengatakan bahwa masih terjadi kekerasan terhadap anak dan wanita di kabupaten siak dari tahun ke tahun cenderung meningkat. Menurutnya dalam perlindungan anak dan perempuan,sekolah,keluarga dan lingkungan memiliki peran yang sangat penting  karena ketiga bidang ini adalah tempat beraktifitas yang paling sering dilakukan bagi perempuan dan anak-anak dan sering terjadi tindak kekerasan.

Fahmi menambahkan di dalam peraturan,banyak undang-undang yang mengatur tentang perlindungan perempuan dan anak,  beberapa diantaranya di KUHP, undang-undang no 23 tahun 2004 tentang kekerasan dalam rumah tangga, UU perkawinan, undang-undang pernikahan, undang undang pengadilan anak, dan lain lain. Banyak faktor yang menyebabkan kekerasan terhadap anak dan perempuan cenderung meningkat, beberapa diantaranya permasalahan ekonomi, komunikasi yang tidak baik, judi/ alkohol/narkoba dan perselingkuhan/pihak ketiga.paparnya.

"Untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak  dapat dilakukan dengan peningkatan keimanan di lingkungan keluarga, komunikasi timbal balik yang baik, mendidik anak dengan tidak kasar, dan melakukan dialog jika terjadi masalah," tutupnya.

Seminar ini berlangsung dengan baik para peserta diberikan kebebasan untuk bertanya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...