Hukrim

Waspada! Jelang Akhir Tahun Peredaran Ekstasi Meningkat di Hiburan Malam

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Berdasarkan data dari Analisa dan Evaluasi (Anev) Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri di bulan Oktober 2018, ditemukan fenomena bahwa tingkat peredaran narkotika jenis Ekstasi di tempat hiburan malam mengalami peningkatan ketika menjelang akhir tahun.

Dari data Anev yang diterima Okezone, jumlah barang bukti narkotika jenis ekstasi meningkat dari minggu ketiga ke minggu keempat selama bulan Oktober. Pada minggu ketiga bulan Oktober, sebanyak 8.779,25 butir disita dan pada minggu keempat sebanyak 94.799,37 butir. Peningkatan ini cukup signifikan yakni sebesar 979,81 persen.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Eko Daniyanto mengungkapkan, peningkatan yang cukup signifikan terhadap jumlah barang bukti pil ekstasi menunjukan meningkatnya permintaan ekstasi untuk diedarkan ke tempat hiburan.

"Khususnya menjelang perayaan akhir tahun di kota-kota besar," kata Eko di Jakarta, Sabtu (27/10/2018).

Berdasarkan hasil penangkapan dengan jumlah barang bukti sabu dan ekstasi yang menonjol oleh Polda Riau dan hasil mapping minggu ketiga yang lalu, kata Eko, menunjukan rute penyelundupan sabu via laut dari Malaysia ke Indonesia melalui jalur Johor-Dumai-Bengkalis masih merupakan jalur yang harus diwaspadai.

"Karena merupakan rute yang singkat dan dianggap jalur yang aman bagi para penyelundup Narkoba dari Malaysia atau Johor ke Indonesia," ucap Eko.

Selain jalur laut, kata Eko, rute lain yang digunakan adalah melalui jalur darat untuk distribusi narkoba dari wilayah Pekanbaru ke wilayah Sumatera khususnya Palembang, Lampung dan Jawa.

Jumlah tersangka pada minggu keempat bulan Oktober sebanyak 27 bandar, 542 orang pengedar, 511 orang penyalahgunaan dan dua warga negara asing ditangkap.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...