Tragedi Lion Air JT 610

9 Kasus Fatal, Maskapai Harusnya Sudah Ditutup

sumber;internet

JAKARTA - Jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta - Pangkal Pinang pada Senin (29/10/2018), disebut sudah memasuki lampu merah bagi maskapai bersangkutan. Menurut Pengamat keselamatan transportasi Ruth Hana Simatupang, karena suda mengalami sembilan kasus fatal, seharusnya maskapai itu sudah ditutup. 

"Ini harusnya sudah lampu merah, harusnya sudah ditutup. Itu di luar kasus-kasus keterlambatan penerbangan," ujarnya, Selasa (30/10/2018). 

Menurut Ruth lagi, meski menerapkan sistem low cost carrier, atau penerbangan murah, tak seharusnya maskapai melupakan keselamatan dan keamanan. "Dari harga yang murah itu, yang dikurangi adalah servis dan kenyamanan penumpang. Tapi standar keselamatan penumpang itu sama, apapun maskapainya sistem keamanan wajib mengikuti standar," ujarnya. 

Dengan kejadian insiden yang berulang, Ruth mempertanyakan bagaimana maskapai itu menaati standar keselamatan. "Bagaimana proses pengawasan internal dan eksternal dijalankan, karena harusnya kan mereka mengawasi," ujarnya. Apalagi maskapai ini adalah maskapai dengan traffic yang tinggi. 

"Apakah masuk akal, dengan tarif yang rendah, tapi bisa beroperasi dengan tinggi? Kadang ada penghitungan yang tidak masuk akal. Harga menerbangkan sat pesawat dalam satu jam perjalanan bisa mencapai 10.000 dolar, apakah tarif yang diberlakukan mampu menutupi biaya tersebut?" ujarnya mempertanyakan. 

Ruth berharap pemerintah mengambil tindakan tegas pada maskapai ini. Ia mengusulkan agar pemerintah men-suspend semua pesawat Boeing 737 Max 8. "Penerbangan adalah juga usaha keselamatan, jadi bukan hanya mengutamakan uang," ujarnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...