Kampus

Tingkatkan Akreditasi, Unilak Ikut Pelatihan BAN PT

PEKANBARU - Universitas Lancang Kuning bertekad untuk memperbaiki mutu perguruan tinggi, salah satu cara dalam memperbaiki hal tersebut adalah dengan cara mengikuti Sosialisasi Darft Instrumen Akreditas Program Studi (IAPS 4.0) yang diadakan oleh BAN PT pada hari Ahad sampai Senin tanggal 9-10 Desember 2018 di ruang meeting Hotel Grand Zuri Padang. 

Narasumber Prof Lilis Nuraida dan Suharyadi Pancono Dipl Ing MT, pada kegiatan tersebut Universitas Lancang Kuning mengutus Dr Junaidi MHum (Wakil Rektor 1) dan Dr Adi Rahmat SE MM (Kepala Badan Penjaminan Mutu). Akreditasi program studi dan institusi sangatlah penting bagi perguruan tinggi, karena hidup dan matinya sebuah perguruan tinggi. 

Dalam pemaparan yang diberikan oleh narasumber, Instrument akreditasi terbaru ini ada 9 standar yaitu; Visi Misi, Tujuan dan Strategi, Tata Pamong, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan, sarana dan prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat, Luaran serta capaian tridharma. Disamping itu penerapan instrument baru ini lebih mengutamakan evaluasi diri dibandingkan dengan Laporan Kinerja Program Studi, sebab intrumen evaluasi diri harus unik (menggambarkan kondisi yang terjadi pada program studi). Penerapan instrument baru pada program studi akan berlaku mulai tanggal 1 April 2019.

Dihubungi di tempat terpisah tentang kesiapan Unilak dengan adanya instrument akreditasi terbaru yang dikeluarkan oleh BAN PT ,Dr Junaidi mengatakan saat ini ada 6 program studi di Unilak yang sedang menyiapkan akreditasi pada awal tahun 2019 akan diajukan ke BAN PT. 

"Unilak berkomitkan untuk terus meningkatkan akreditasi karena salah satu indikator mutu perguruan tinggi adalah hasil akreditasi yang dicapai. Unilak telah melakukan beberapa kegiatan untuk menyiapkan instrumen akreditasi terbaru," ujarnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...