News

Lembah Anai Meluap, Arus Lalin Bukittinggi-Padang Lumpuh Total

sumber;internet

PADANG - Intensitas hujan yang cukup tinggi menyebabkan debit air terun Lembah Anai meningkat. Bahkan air meluap hingga menutupi ruas jalan utama kota Padang-Bukittinggi. Akibatnya, arus lalu lintas menuju dan dari Kota Padang itu, lumpuh total.

Kondisi ini juga diperparah dengan putusnya jembatan di kawasan Jalan Lintas di Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. Lokasi ini, tak jauh dari lokasi objek wisata air terjun Lembah Anai.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Sumatera Barat, Rumainur menyebutkan, saat ini arus lalu lintas di kawasan itu lumpuh total. Bahkan ada beberapa kendaraan yang sampai saat ini masih terjebak karena berada di tengah-tengah antara air terjun Lembah Anai dengan jembatan yang putus.

Tim BPBD, kata Rumainur, hingga saat ini masih berjibaku di lapangan untuk membantu aparat kepolisian mengatur arus lalu lintas. Sebab, jalur ini merupakan rute Nasional yang menghubungkan Sumatera Barat dengan beberapa Provinsi lain seperti Riau dan Medan.

“Sampai saat ini, debit air terjun Lembah Anai masih tinggi. Puncak meluapnya tadi sore sekira pukul 18.00 WIB. Juga ada jembatan yang putus. Jembatan ini, merupakan jembatan nasional, karena berada di jalan Nasional,“ kata Rumainur, Senin malam 10 Desember 2018.

Rumainur mengimbau kepada seluruh pengendara untuk menjari jalur alternatif. Diantaranya melalui jalur Malalak dan Solok. Namun, khusus jalur malakak dihimbau dengan sangat untuk waspada, karena jalur ini juga rawan longsor.

“Kita arahkan lewat Malakak dan Solok. Kalau malalak rawan longsor, jadi harus ekstra hati-hati. Kalau lewat Solok, ya agak jauh,” jelas Rumainur.

Untuk memulihkan arus lalu lintas, Rumainur mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Diharapkan bisa diperbaiki sepenuhnya atau minimal keberadaan jembatan darurat. Hal ini, untuk mengantisipasi kemacetan panjang yang terjadi akibat musibah ini.

“Kita koordinasikan dengan balai terkait. Karena jembatan itu jembatan nasional, tentunya ke provinsi,” tutur Rumainur.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Padang Pariaman, Iptu Yuliandi menyebutkan, pihaknya saat ini aktif mengatur arus lalu lintas di lokasi jembatan yang putus itu. Seluruh personel sudah dikerahkan ke lokasi.

“Kita lagi mengurai arus lalu lintas yang datang dari arah Padang menuju Bukittinggi. Para personel akan mengarahkan lalu lintas ke Malalak dari Simpang Tiga Sicicin,” jelasnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...