Dunia

Negara Ini Hancurkan Motor dan Mobil Mewah, Kenapa?

Kendaraan mewah yang dihancurkan di Filipina. (sumber;internet)

MANILA - Lebih dari seratus unit mobildan sepeda motor senilai lebih dari 34,7 juta peso atau sekitar Rp 9 miliaran, dihancurkan. Presiden Filipina Rodrigo Duterte memimpin penghancuran tersebut.

Tragis memang melihatnya, tapi semua kendaraan mewah itu dihancurkan bukan tanpa alasan. Langkah ini dilakukan dalam mendukung kampanye pemerintah melawan penyelundupan.

Ada sekitar 112 unit yang terdiri dari skuter Vespa baru, motor BMW, Harley Davidson, motor Triumph, Mitsubishi Pajero, Land Rover, hingga Volvo.

Kendaraan-kendaraan itu tiba di Manila International Container Port (MICP), Pelabuhan Subic, Cebu, dan Iloilo dengan tanggal yang berbeda-beda.

Dilansir dari The Manila Times, komisaris bea cukai Isidro Lapena mengatakan bahwa Presiden memerintahkan agar mobil-mobil dihancurkan untuk mencegah penerima atau pemilik kendaraan mengembalikannya melalui lelang atau penawaran yang biasanya dicurangi. Penghancuran ini dalam rangka memperingatkan penyelundup untuk membayar bea dan pajak yang benar atas impor mereka.

"Perintah Presiden sangat jelas kepada para penyelundup untuk menghentikan apa yang telah mereka lakukan. Para penyelundup ini telah lama menipu pemerintah dan ini harus dihentikan. Ini juga untuk menghentikan skema pengaturan para penyelundup berkomplot dengan beberapa karyawan bea cukai selama proses lelang," jelas Lapena.

Penghancuran ini bukan kali pertama yang disaksikan Presiden Duterte. Pada Februari lalu, dalam perayaan ulang tahun Biro Bea Cukai, ia juga menyaksikan penghancuran 20 kendaraan mewah senilai lebih dari 61 juta peso atau kisaran Rp 16 miliar. Kecaman serupa juga dilakukan di Port Irene pada Maret lalu.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...