News

Jembatan Penghubung Bener Meriah-Aceh Tengah Putus

sumber;internet

LHOKSEMUMAWE - Jembatan yang menghubungkan Kabupaten Bener Meriah dengan Kabupaten Aceh Tengah putus. Akibatnya, jembatan tersebut tidak bisa dilalui dan kendaraan terpaksa dialihkan melalui jalur alternatif lainnya.

Informasi yang didapat, jembatan tersebut masuk jalur nasional yang bisa menghubungkan lintas tengah Provinsi Aceh mulai Bireuen, Bener Meriah, hingga Aceh Tengah dan daerah lainnya. Jembatan itu tepatnya terletak di Kampung Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pesan, Bener Meriah.

"Kejadiannya sekitar pukul 17.25 WIB tadi. Bencana banjir di kawasan Wih Pesam mengakibatkan jembatan lintas nasional terputus di Desa Jamur Ujung," kata Kapolsek Wih Pesam Ipda M Nasir dalam keterangannya, Rabu (19/12/2018).

Menurut Nasir, bencana ini terjadi akibat curah hujan di Kecamatan Bukit dan Wih Pesam sangat tinggi sehingga debit air sungai dari arah Bandara Rambele hingga Kampung Jamur Ujung semakin besar dan mengikis tiang jembatan dan dinding penyangga sehingga jembatan tersebut putus total.

Polisi dibantu aparat kampung setempat kemudian ke lokasi untuk melakukan pengamanan. Mereka juga mengimbau kepada masyarakat yang rumahnya di sekitar jembatan atau aliran sungai itu agar sementara waktu mengungsi ke tempat lebih aman. Sebab, longsor di aliran sungai tersebut terus meluas.

Selain di Kampung Jamur Ujung, masyarakat menginformasikan longsor juga terjadi di jalan nasional Kampung Gegerung. Dampaknya, lalu lintas di kawasan itu tersendat.

"Saat ini personel polisi telah melakukan pengamanan di lokasi putusnya jembatan agar masyarakat tidak dekat dan pengaturan arus lalu lintas di jalur alternatif," sebut Nasir.

Nasir menyebutkan pengendara yang hendak ke arah lintas tengah Aceh bisa mengakses lalu lintas Bireuen-Takengon melalui jalur alternatif dari jalan Kampung Suka Jadi maupun menggunakan jalur dua Pante Raya menuju Simpang Tiga dan Teritit.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...