Hukrim

12 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

sumber;internet

PEKANBARU - Bagi sebagian orang mungkin belum terlalu mengenal jenis bawang yang satu ini. Bawang dayak atau dikenal juga dengan bawang tiwai adalah salah satu jenis bawang yang banyak dibudidayakan di Pulau Kalimantan.

Nama bawang dayak sendiri diambil dari nama Suku Dayak yang merupakan salah satu suku yang berada di Kalimantan. Di mana suku Dayak pula yang pertama kali memanfaatkan bawang ini untuk pengobatan herbal berbagai penyakit.

Jika dilihat sekilas, memang bentuk dari bawang dayak ini tidak terlalu jauh dengan bawang merah. Namun bentuknya memang sedikit lebih oval dibanding bawang merah. Selain itu, untuk membedakan antara bawang merah dengan bawang dayak adalah dari segi bunganya yang cantik berwarna putih pada tanaman bawang dayak.

Bawang dayak mengandung zat-zat alami seperti alkaloid, flavonoid, steroid, tanin, glikosida, felonik dan zat lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut di antaranya :

1. Meningkatkan metabolisme
Manfaat bawang dayak yang pertama yaitu mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini berkenaan dengan kandungan alkaloid yang ada didalamnya. Selain itu, bawang dayak juga mampu mencegah infeksi usus, konstipasi dan masalah ginjal.

2. Anti-kanker
Bawang dayak mengandung senyawa naphtokuinones yang mampu menurunkan aktivitas dari sel Cyclin-E. Dengan menurunnya aktivitas sel tersebut, maka dapat memicu hancurnya sel kanker.

3. Menangkal radikal bebas
Tidak hanya bersifat antikanker, bawang dayak juga mampu menangkal radikal bebas yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker. Hal ini tidak terlepas dari kandungan senyawa antosianin dalam bawang dayak yang mampu menangkal radikal bebas tersebut.

Dalam sebuah penelitian juga menunjukan bahwa khasiat bawang dayak secara signifikan dapat menurunkan ekspresi Cyclin-E galur sel kanker serviks uteri HeLa. Hal ini membuktikan bahwa bawang dayak bisa menjadi salah satu obat alternatif untuk kanker serviks.

4. Menurunkan kadar gula darah
Beberapa senyawa yang terkandung dalam bawang dayak seperti flavonoid, alkaloid, saponin, dan glikosida berperan untuk menurunkan kadar gula darah. Sehingga sangat tepat untuk digunakan sebagai salah satu obat diabetes.

5. Obat influenza
Manfaat bawang dayak yang selanjutnya yaitu mampu menjadi obat influenza (flu). Kandungan anthraquinones dalam bawang dayak bekerja sebagai anti-bakteri, anti-virus dan anti-mikroba. Sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit flu (influenza).

6. Menjaga sistem reproduksi wanita
Kandungan flavonoid dan saponin dalam bawang dayak berperan besar untuk menjaga dan melindungi sistem reproduksi wanita. Manfaatnya seperti mencegah keputihan, siklus menstruasi yang teratur, dan mengurangi kram atau nyeri menstruasi (dismenore).

7. Mencegah jantung koroner
Jantung koroner merupakan salah satu penyakit serius yang tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya, jika penyakit ini tidak segera diobati, maka bisa berakibat fatal bagi penderitanya. Nah, dengan demikian, anda bisa memanfaatkan bawang dayak ini untuk mencegah jantung koroner sejak dini.

8. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi atau dikenal dengan hipertensi adalah penyakit yang cukup sering terjadi dimasyarakat. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan tekanan darah tidak terkontrol. Namun, untuk menurunkan tekanan darah, anda bisa menoba manfaat bawang dayak ini. Karena bawang dayak memiliki senyawa alisin yang mampu untuk menurunkan kekentalan darah serta menajaga tekanan darah agar tetap stabil.

9. Obat batu ginjal
Manfaat bawang dayak yang lainnya adalah sebagai obat batu ginjal alami. Bawang dayak mampu menurunkan pH urine serta menurunkan kadar kalsium. Sehingga mampu membantu proses penghancuran dan pengeluaran batu ginjal. Selain itu, sifat dieuretik yang ada didalam bawang dayak juga berperan dalam proses yang satu ini.

10. Obat asam urat
Sifat diuretik dari bawang dayak juga efektif dalam menurunkan kadar asam urat dalam darah. Ini tidak terlepas dari senyawa alkaloid yang dapat melancarkan metabolisme tubuh sehingga tubuh terhindar dari penumpukan asam urat pada persendian.

Kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan juga efektif untuk menurunkan peradangan yang disebabkan oleh asam urat. Sifat antioksidan ini dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak akibat kristal asam urat.

11. Mengatasi infeksi
Sebuah penelitian pada tahun 2018 lalu melaporkan bahwa beberapa kandungan yang ada pada bawang dayak, seperti flavonoid, saponin, steroid, tannin, alkaloid dan triterpenoid efektif untuk menghambat dan membasmi pertumbuhan virus, bakteri dan jamur penyebab penyakit. Terutama dalam melawan bakteri Staphylococcys aureus (MARS), B. cereus, Shigella sp, dan P. aeruginosa.

12. Menjaga kesehatan kulit
Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat bawang dayak juga bisa anda gunakan sebagai perawatan alami untuk menjaga kesehatan kulit. Berbagai senyawa dalam bawang dayak mampu untuk mencerahkan wajah dan mencegah timbulnya bintik hitam pada wajah.

Itulah 12 manfaat bawang dayak untuk kesehatan tubuh dan kulit. Namun, perlu anda ingat, meski banyak manfaat yang anda dapatkan dari mengkonsumsi bawang dayak ini, tetap anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, bawang dayak memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...