Life

7 Tanaman Liar Ini Tuntaskan Sakit Vertigo

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Apa yang kamu ketahui tentang vertigo? Pada dasarnya, vertigo bukanlah suatu penyakit. Melainkan sebuah gejala akibat adanya gangguan sistem saraf pusat dan perifer.

Vertigo sering ditandai dengan sensasi di kepala dan membuat lingkungan sekitar penderita merasa berputar-putar. Bahkan, jika vertigo yang dialami ini cukup berat, akan berisiko membuat penderita terjatuh.

Meski gejalanya kerap disamakan dengan sakit kepala biasa, sebaiknya jangan disepelekan karena kondisi ini bisa memperburuk dan membahayakan penderitanya.  Bila Anda mengalami masalah vertigo, sebaiknya gunakan 7 obat alami di bawah ini.

1. Ginkgo biloba


Obat vertigio alami yang pertama adalah ginkgo biloba. Tanaman satu ini memang sudah banyak diketahui para ahli, karena memiliki khasiat yang dapat meredakan gejala vertigo.

Bisa seperti itu, karena ginkgo biloba memiliki kandungan yang berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah ke telinga bagian dalam, otak dan kepala.

Dan Anda bisa memanfaatkannya sebagai teh, yang mana sebelumnya daun ginkgo biloba dikeringkan terlebih dahulu.

2. Daun selasih


Tanaman obat vertigo yang kedua adalah daun selasih. Dipercaya sebagai obat vertigo karena daun selasih ini berguna untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan bisa mengurangi gejala vertigo dengan baik.

Hal itu bisa terjadi karena daun selasih memiliki sifat sebagai antiinflamasi dan antibakteri.

Untuk cara memanfaatkannya, Anda bisa mengambil biji daun selasih dan campurankan ke dalam minuman untuk menjaga kesehatan tubuh terutama mengobati vertigo.

3. Lada merah


Obat yang ketiga adalah lada merah. Lada merah mampu mengobati vertigo karena mengandung banyak capsaicin, yang berkhasiat untuk melancarkan aluran darah ke telinga bagian dalam, otak dan mampu menyeimbangkan jumlah trombosit.

Untuk cara konsumsi lada merah ini, Anda bisa menambahkannya sebagai bahan masakan.

4. Sambiloto


Obat alami vertigo selanjutnya adalah sambiloto. Sambiloto adalah tanaman liar yang mengandung flavonoid dan sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk mengurangi gejala vertigo.

Untuk mengurangi gejala vertigo ini, Anda hanya perlu merebus beberapa daun sambiloto kedalam air. Bisa sudah matang, konsumsi air rebusannya sebagai jamu.

5. Cocor bebek


Bukan hanya daun sambiloto, namun cocor bebek juga merupakan tanaman liar yang kaya kandungan flavonoid yang ampuh dalam menangkal virus dan radikal bebas yang menyerang tubuh kita.

Cara menggunakan cocor bebek sebagai obat vertigo, Anda bisa menghancurkan 10-15 helai daunnya sampai lembut dan tambahkan sedikit garam.

Bila sudah, oleskan daun yang sudah dihancurkan tadi kebagian dahi sampai pelipis. Lakukan cara ini 1-2 kali sehari, untuk meredakan sensasi berputar di kepala Anda.

6. Jahe


Obat vertigo alami selanjutnya adalah jahe. Bumbu dapun ini tentu jelas memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya vertigo.

Bisa mengobati vertigo, karena jahe memiliki sifat antiinflamasi yang dapat melancarkan peredarah darah sehingga mampu mensuplai oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar.

Untuk cara mengolah jahe ini, Anda bisa merebus jahe atau seduhlah bubuk jahe menggunakan air panas.

Tambahkan sedikit madu dan daun mint, agar lebih beraroma dan rasanya lebih lezat ketika dikonsumsi.

7. Bunga melati


Obat alami vertigo yang terakhir adalah bunga melati. Ternyata, selain sebagai bunga hiasan bunga melati memiliki manfaat yang baik sebagai obat herbal vertigo.

Didalamnya, mengandung jenis minyak atsiri yang baik untuk relaksasi, melancarkan peredarah darah dan sebagai anti-depresi.

Cara menggunakan bunga melati sebagai obat vertigo, langkah pertama Anda hanya perlu meremasnya terlebih dahulu.

Kemudian rendamlah daun melati tadi kedalam wadah yang berisi air. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya sebagai obat kompres dahi.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...