Life

Makanan ini Haram Dihangatkan di Microwave

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Microwave selalu jadi andalan kala harus menghangatkan makanan dengan cepat. Apalagi jika kamu tak bisa berlama-lama di dapur, sementara masih banyak makanan sisa yang masih bisa dimakan. Cukup dimasukkan, tentukan waktu `memasak`, makanan hangat dalam hitungan menit.

Meski menjadi penolong di saat mepet, tak semua makanan bisa dihangatkan di microwave. Setidaknya ada empat makanan yang bisa memicu bahaya jika dihangatkan di microwave.

1. Cabai dan paprika


Kandungan senyawa bioaktif di dalamnya akan menjadi racun saat dipanaskan dalam microwave. Jika ada makanan yang menggunakan cabai dan paprika lebih baik hangatkan di kompor atau segera habiskan.

2. Sayuran hijau


Jenis sayuran hijau juga tidak bisa dipanaskan kembali dengan microwave. Sayuran ini akan kehilangan nutrisi saat dipanaskan kembali dengan microwave. Selain itu, suhu tinggi microwave akan mengubah salah satu zat di dalam sayuran tersebut jadi pemicu perkembangan sel kanker.

3. Produk daging olahan


Daging olahan seperti kornet, sosis dan sarden memiliki bahan pengawet dan kimia. Menghangatkannya dengan microwave akan memcicu reaksi kimia yang cukup berbahaya untuk kesehatan. Kolesterol dalam daging akan teroksidasi dan reaksi aini akan meningkatkan risiko sakit jantung.

4. Nasi putih


Penting, jangan hangat nasi di microwave. Pasalnya, bisa menghasilkan bakteri beracun yang bernama Bacillus Cereus yang berbahaya bagi tubuh. Bakteri ini bisa menyebabkan mual, muntah dan diare.



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...