Lingkungan

Display ISPU Sedang, Udara Pekanbaru Memburuk?

PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Riau mulai berdampak. Selain Kota Dumai yang sudah 'terselimuti' asap, kualitas udara di Kota Pekanbaru juga mulai tidak baik. Berdasarkan pantauan IDNJurnal.com, sejak empat hari yang lalu hingga Selasa (19/3/2019), kualitas udara Pekanbaru berada dilevel sedang. 

Hal tersebut terlihat dari alat display Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang berada di Jalan Tambusai yang idikatornya menunjukkan kualitas udara sedang. Artinya, kandungan PM10 mulai tinggi. Sementara itu, display ISPU yang berada di Jalan HR Soebrantas dan Jalan Sudirman tepatnya di depan MPP Pekanbaru tidak berfungsi. 

"Beberapa hari ini, kalau tidak salah sejak Jumat (15/3/2019) pekan lalu sudah Sedang tulisannya. Tapi belum terlihat ada informasi tentang kualitas udara dari media manapun. Kalau asap, memang masih belum terlihat," terang Novi salah seorang mahasiswa pasca di salah satu perguruan tinggi di Pekanbaru, Selasa (19/3/2019). 

Sebagaimana diketahui, display ISPU terdiri dari lima tingkatan. Jika kandungan PM10 adalah 0-50 disebut level Baik yang tidak memberikan dampak bagi kesehatan manusia atau hewan. Level 51-100 masuk kategori sedang yang tidak berpengaruh pada kesehatan manusia ataupun hewan, namun berpengaruh pada tumbuhan yang peka. Level 101-199 masuk kategori Tidak Sehat bearti bersifat merugikan pada manusia ataupun kelompok hewan yang peka atau dapat menimbulkan kerusakan pada tumbuhan ataupun nilai estetika. Level 200-299 kategori Sangat Tidak Sehat yang artinya kualitas udara yang dapat merugikan kesehatan pada sejumlah segmen populasi yang terpapar. Serta yang terakhir adalah level 300-500 yaitu kategori Berbahaya dimana kualitas udara berbahaya yang secara umum dapat merugikan kesehatan yang serius pada populasi (misalnya iritasi mata, batuk, dahak dan sakit tenggorokan).*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...