Dunia

Barang Bukti Ganja Hilang, Polisi Salahkan Tikus

Tikus. (sumber;internet)

BUENOS AIRES - Sejumlah barang bukti ganja hilang dari gudang kantor Polisi di Pilar, Barat Laut Buenos Aires Argentina. Alih-alih mencari, anggota polisi di kantor tersebut menuding tikus sebagai 'biang kerok' hilangnya 0,5 ton ganja. Bagaimana mungkin?

Barang bukti 'daun haram' ini diketahui berkurang 540 Kg oleh penyidik. Mantan komisaris polisi setempat, Javier Specia, dan beberapa rekannya mengatakan kepada hakim bahwa narkotika itu 'dimakan oleh tikus". Akibatnya, delapan anggota polisi Argentina tersebut dipecat. 

Pakar forensik meragukan bahwa tikus melihat narkotika sebagai makanan, sebab tikus-tikus itu bisa mati jika mereka memakan ganja tersebut. Seorang juru bicara untuk hakim Adrian Gonzales Charvay mengatakan bahwa menurut para pakar di Universitas Buenos Aires Argentina, 'tikus tidak akan salah melihat narkotika sebagai makanan' - dan bahkan jika mereka melakukannya, 'akan banyak bangkai yang ditemukan di gudang tersebut'.

Para anggota polisi itu akan bersaksi di hadapan hakim pada 4 Mei mendatang. Pengadilan akan memutuskan jika narkotika itu hilang akibat digunakan atau kelalaian. Sekitar 6 ribu kg ganja disimpan di gudang tersebut selama dua tahun terakhir ini. Namun, pengganti Specia, Emilio Portero menyadari hilangnya narkotika tersebut ketika dia menjabat sebagai komisaris. 

Portero kemudian memperingatkan divisi internal kepolisian, yang kemudian melakukan pencarian ke gudang dan hanya menemukan sekitar 5.460 kg ganja yang masih tersisa. Kecurigaan akhirnya jatuh kepada Specia setelah dia tidak menandatangani inventaris narkotika ketika dia meninggalkan jabatannya pada April 2017. Mantan komisaris ini juga tengah dalam penyelidikan karena tidak mengisi pernyataan di bawah sumpah mengenai pendapatannya tahun lalu.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...