News

PBB : 821 Juta Penduduk Dunia Kelaparan di 2018

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat pada 2018 ada lebih dari 821 juta orang menderita kelaparan, kerawanan pangan, dan gizi buruk di seluruh dunia. PBB mencatat jumlah ini terus meningkat selama tiga tahun terakhir.

Dilansir AFP, Selasa (17/9/2019), tingkat kelaparan hingga gizi buruk sempat menurun selama beberapa dekade. Namun, jumlah ini kembali meningkat pada tahun 2015.

Lewat Pembangunan Berkelanjutan PBB diharapkan penderita kelaparan dan gizi buruk dapat diturunkan. Akan tetapi, untuk mencapai tujuan hal ini disebut sebagai tantangan besar.

Diketahui, data Keadaan Keamanan Pangan dan Nutrisi di Dunia dibuat oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) dan badan-badan PBB lainnya termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Disebutkan, untuk menjaga keamanan pangan dan gizi diperlukan kebijakan ekonomi dan sosial.

"Untuk menjaga keamanan pangan dan gizi, sangat penting untuk memiliki kebijakan ekonomi dan sosial yang sudah ada untuk menangkal efek dari siklus ekonomi yang merugikan ketika mereka tiba. Sambil menghindari pemotongan layanan penting, seperti perawatan kesehatan dan pendidikan, dengan segala cara, " demikian laporan PBB tersebut.

Disebutkan kasus malnutrisi masih tersebar luas di Afrika, dengan jumlah sekitar 20 persen dari populasi. Sedangkan di Asia, ada lebih dari 12 persen populasi mengalaminya dan di Amerika Latin dan Karibia ada sebanyak tujuh persen.

Sementara itu, ada sebanyak 149 juta anak yang menderita keterlambatan pertumbuhan (stunting) akibat kelaparan. Namun, pada saat yang sama, jumlah penderita obesitas terjadi peningkatan di semua wilayah dengan korban berusia anak-anak usia sekolah hingga orang dewasa.

PBB juga menyebutkan ada sebanyak 2 miliar penduduk yang mengalami kerawanan pangan. FAO mengatakan upaya yang ada saat ini masih tidak cukup untuk mengurangi anak yang mengalami stunting hingga separuhnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...