Life

Ini 8 Manfaat Sehat Bergandengan Tangan

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Bergandeng tangan merupakan sesuatu yang biasa kamu lakukan dengan orang yang kamu sayangi. Baik dengan pasangan atau juga dengan anak, bergandengan tangan ini merupakan sebuah hal yang biasa dilakukan.

Ketika bergandeng tangan ini bisanya muncul perasaan nyaman dan aman bersama seseorang. Pada anak, tindakan ini juga untuk memastikan agar mereka tidak lepas dari pengawasan kita dan tetap aman.

Bergandeng tangan bisa membuat kamu merasakan hubungan yang begitu dalam dengan seseorang yang sedang bersamamu. Hal ini bisa juga bisa membuat seseorang memiliki hubungan yang terlalu dekat denganmu.

Ketika bergandeng tangan dengan orang lain, tubuh akan terstimulasi dan memicu munculnya sejumlah hormon. Hal ini bisa menimbulkan sejumlah manfaat baik secara fisik atau mental secara tak terkira.

Sejumlah manfaat ini bisa muncul pada seseorang secara tak terduga dengan hanya bergandeng tangan. Dilansir dari the Health Site, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari bergandeng tangan.

Menghilangkan Stres
Berdasar penelitian di University of Virginia, bergandeng tangan diketahui bisa membuatmu merasa lebih tenang. Ketika bergandeng tangan dengan pasangan, hormon stres di dalam tubuh menurun sehingga stres yang kamu miliki bisa menghilang.

Membangun Hubungan Lebih Baik
Ketika bergandeng tangan, saraf di otak terstimulasi karena seluruhnya berhubungan dengan tangan. Ketika bergandeng tangan, tubuh memproduksi hormon oksitocin atau hormon cinta yang membuatmu merasa bahagia, hangat, dan juga lebih terhubung dengan orang lain.

Menghilangkan Rasa Sakit
Ketika bergandengan dengan pasangan, sebuah penelitian menyebut bahwa otak akan menghilangkan rasa sakit dari tubuh. Hal ini memancing munculnya empati yang memiliki manfaat luar biasa dalam menghilangkan rasa sakit.

Mengatasi Rasa Takut
Bergandeng tangan dengan pasangan bisa menenangkan diri dan membuatmu merasa aman. Selain memberi rasa aman, bergandeng tangan juga memberi kekuatan bagimu untuk melawan rasa takut secara efektif.

Menurunkan Tekanan Darah
Bergandeng tangan bisa menenangkan sarafmu dan menurunkan tekanan darah. Ketika bergandeng tangan, kamu bisa merasa lebih aman sehingga mampu membuat tekanan darah menurun lebih cepat.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Ketika bergandeng tangan, maka kamu bakal merasa lebih nyaman sehingga membantumu tertidur lebih cepat. Ketika dilakukan saat tidur dengan pasangan, bergandeng tangan ini bisa meningkatkan kualitas tidurmu.

Meningkatkan Sistem Imun
Ketika stres, sistem imun tubuh bakal menurun. Bergandeng tangan bisa meredakan rasa stres yang ada di tubuh den meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Cara ini juga bisa menjauhkan sejumlah potensi masalah kesehatan yang bakal kamu alami.

Meningkatkan Kesehatan Otak
Bergandeng tangan bisa mengaktifkan are otak yang mampu menurunkan tingkat stres. Ketika otak berada pada kondisi tenang dan nyaman, maka kesehatannya juga bakal meningkat.

Sejumlah hal tersebut merupakan manfaat yang bisa kamu peroleh hanya dengan bergandeng tangan. Lakukan dengan pasangan atau buah hati untuk memperoleh manfaat luar biasa ini.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...