News

BNPB: 99% Karhutla Ulah Manusia, 80% Jadi Kebun

sumber;internet

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) disebabkan oleh ulah manusia. Selain itu, 80% dari lahan yang terbakar menjadi kebun.

"Saya mempunyai data, penyebab Karhutla adalah 99% ulah manusia, dan 80% lahan yang terbakar menjadi kebun" ujar Kepala BNPB Doni Monardo dalam keterangan tertulis, Selasa (24/9/2019).

Hal itu disampaikan Doni saat rapat koordinasi penanganan karhutla di Provinsi Jambi. Dia meminta Pemprov bertindak cepat memadamkan api dan pemerintah pusat disebutnya siap membantu.

"Sisa api yang ada, mari kita padamkan bersama. Pemerintah pusat siap membantu dan mendukung upaya pemadaman," tuturnya.

Doni kemudian mengusulkan perubahan prilaku untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya hal ini dapat dilakukan dengan pengembangan pohon yang bersifat ekonomis tanpa harus membakar lahan.

"Contohnya Kopi Liberica, Pohon Pinang, Nenas, Lidah Buaya, Pisang Barangan, Enau, Sayur Mayur, Ikan Gabus, tanaman sagu dan sebagainya. Jenis tanaman ini dapat menjadi alternatif pilihan pohon untuk masyarakat, tanpa harus membakar lahan" kata Doni.

Sementara itu, Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan upaya pencegahan kabut asap di Jambi telah dilakukan. Hal ini disebut mulai dari rapat koordinasi, pemantauan dan pengecekan lapangan hingga pemadaman.

Namun, dia menyebut belum ada mekanisme membuka lahan tanpa pembakaran. Dia juga mengatakan pemerintah daerah telah memberi solusi agar karhutla tidak terjadi.

"Belum ada mekanisme membuka lahan tanpa cara membakar," kata Fachrori.

"Sampai saat ini solusi pemerintah daerah adalah meningkatkan pengawasan, pembahasan lahan, buka kanal yang dibebankan kepada dunia usaha," sambungnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...