News

Udara di Pekanbaru Kabur, Begini Penjelasan BMKG

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Kondisi udara di Pekanbaru Kamis (3/10/2019) pagi ini kabur. Masyarakat menduga hal ini disebabkan adanya kabut asap. Seperti disampaikan Ani, warga Panam. Ia mempertanyakan apakah asap kembali menyelimuti Pekanbaru.

"Udara pagi ini kenapa kabur ya? Saya kira ini adalah efek dari kebakaran hutan dan lahan di sebagian wilayah Riau dan akhirnya asapnya lari ke Pekanbaru," ujar Ani, Kamis (3/10/2019).

Ia berharap ini bukan disebabkan oleh asap seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. "Jangan sampai berasap lagilah. Asap buat sesak. Ditambah sekolah diliburkan juga. Harapan kita jangan sampai lagilah," ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Marzuki mengatakan udara yang kabur di Pekanbaru pagi ini bukan disebabkan kabut asap.a

"Tidak, itu bukan kabut asap akibat kebakaran hutan," ujar Marzuki.

Dijelaskannya, udara kabur yang terjadi pagi tadi adalah akibat adanya partikel-partikel yang menghalangi udara, sehingga terjadilah kabur.

"Kalau udara kabur ini memang hanya sebentar saja. Hanya beberapa jam dan akan hilang. Tadi pagi memang hanya 3 Km jarang pandang, tapi karena udara kabur. Jadi memang dipastikan itu bukan kabut asap," jelasnya.

Disampaikan Marzuki, kalau asap, meski matahari muncul dia tidak akan hilang. "Nah, ini kalau matahari muncul, udara kaburnya hilang. Siang ini dah semakin membaik kok," pungkasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...