News

Ternyata! Al Quran Terkecil di Dunia Ada di Indonesia

sumber;internet

BOGOR - Tahukah kamu bahwa kita Indonesia punya Al Quran terkecil di dunia? Al Quran kecil ini ada di Bogor. Seperti apa bentuknya?

Selain memiliki Al Quran raksasa, Indonesia juga dikenal dunia memiliki Al Quran terkecil di dunia. Al Quran ini berada di Masjid Jami Darussalam, Desa Pasir Jambu, kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Al Quran ini telah berusia sekitar 500 tahun. Dan menakjubkannya lagi, Al Quran ini ditulis dengan tinta emas. Walau sudah berusia ratusan tahun, Al Quran ini masih dalam kondisi baik dan bisa dibaca dengan jelas dengan kaca pembesar. Al Quran berukuran 10 x 10 mm ini adalah milik H Tubagus Muhammad Tamyiz, pemilik Pesantren Al Mizan.  

Dalam wawancaranya bersama Antara, H Tubagus Muhammad Tamyiz mengungkapkan bahwa Al Quran ini merupakan warisan dari ayahnya. Al Quran ini merupakan peninggalan sejarah dari Pangeran Wijaya Kusuma, pahlawan sekaligus anak dari salah satu Wali Songo, Sunan Gunung Jati.

Dan untuk perawatan, H Tubagus Muhammad Tamyiz tidak melakukan hal yang khusus. Hanya membungkus Al Quran ini dengan kain kafan dan menyimpannya dalam tas kecil.

Jika diperhatikan dengan kasat mata, Al Quran ini hanya seukuran jempol orang dewasa dan pasti sangat sulit untuk dibaca. Dan butuh kaca pembesar untuk bisa melihat dan membaca tulisan Al Quran secara jelas.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...