News

Gunung Slamet Gempa 620 Kali, Status Waspada

sumber;internet

JAKARTA - Gunung Slamet dilanda 620 kali gempa sepanjang Rabu 9 Oktober kemarin berdasarkan rekaman seismograf. Status gunung tertinggi di Jawa Tengah itu masih waspada atau level II. Masyarakat diimbau tak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari kawah puncak.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, gunung api yang terletak di antara lima kabupaten yakni Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang itu cuacanya dalam keadaan cerah hingga hujan, angin lemah hingga kencang ke arah barat.

“Suhu udara sekitar 23,5-29,6°C. Gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 200 meter dari puncak,” tulis PVMBG dalam laman resmi Badan Geologi Kementerian ESDM, Kamis (10/10/2019).

Melalui rekaman seismograf, Rabu kemarin, gunung api setinggi 3,432 meter dari permukaan laut (mdpl) itu tercatat mengalami 618 kali gempa embusan dan dua gempa tektonik jauh. “Tremor Menerus dengan amplitudo 0,5–4 mm, dominan 4 mm,” lapor PVMBG.

Masyarakat atau wisatawan diminta tidak beraktivitas dalam radius 2 Km dari kawah puncak Gunung Slamet.

“Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos PGA Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.”*
 



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...