Hukrim

Tahun ini, 9.713,80 Hektare Lahan di Riau Terbakar

sumber;internet

PEKANBARU - Terhitung sejak Januari hingga bulan Oktober 2019 ada seluas 9.713,80 hektare lahan di Riau yang terbakar.

"Data luas lahan yang terbakar sejak Januari 2019 hingga saat ini lebih kurang 9.713,80 hektare. Kita melihat Rokan Hilir yang menjadi juara pertama untuk lahan yang terbakar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edward kepada pewarta, Kamis (31/10/2019).

Berdasarkan pantauan patroli dan laporan satgas udara, kata Edwar, terhitung pada saat ini titik api sudah nihil, dan titik panas 70 persen sudah nihil.

Edward mengatakan, jika dibandingkan dengan tahun 2014, 2015 dan 2016 untuk lahan yang terbakar, di tahun 2019 ini mengalami sedikit peningkatan.

"Tahun ini memang ada peningkatan luas lahan yang terbakar dari tahun sebelumnya. Ini tentunya juga menjadi evaluasi kita ke depan dalam rangka peningkatan pencegahan Karhutla di Provinsi Riau," ujarnya.

Tidak hanya itu, mantan Penjabat Walikota Pekanbaru ini mengatakan, bahwa hotspot di tahun 2019 juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Data hotspot juga untuk Riau juga mengalami peningkatan yang saat ini sejak Januari berjumlah 3.689 titik. Jika dibandingkan dengan data hotspot yang lalu memang menjadi peningkatan," paparnya.

Karenanya, lanjut Edwar, tahun depan pihaknya akan lebih menitikberatkan dalam sektor pencegahan, mulai dari patroli terpadu, sosialisasi, pemadaman, baik secara darat maupun udara yang semuanya sudah melibatkan dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD, dan stakeholder lainnya dalam menangani kasus Karhutla di Riau ini.

Edward berharap, kondisi kabut Karhutla tahun ini menjadi perhatian bersama untuk bisa menanggulangi pencegahan Karhutla di masa yang akan datang.

"Mudah-mudahan ini (Karhutla) tidak terjadi lagi di Riau, karena kita sudah mengantisipasi sedini mungkin," tukasnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...