Warganet

Dilupakan: Begini Kisah 6 Pemuda China yang Selamat dari Tragedi Titanic

Kapal Titanic. (sumber;internet)

IDNJurnal - Dini hari yang mencekam, 15 April 1912, sebuah sekoci melaju pelan di lokasi tenggelamnya Kapal Titanic di Laut Atlantik Utara. Dengan penerangan seadanya, mata awak kapal penyelamat menyisir area sekitar, mencari tanda-tanda kehidupan di tengah kegelapan. Sejauh mata memandang, hanya ada puing-puing berserakan dan jasad-jasad beku lagi pucat yang mengambang di air. Hingga akhirnya, ditemukan seorang pemuda asal China yang bergantung nyawa pada sepotong kayu.

Pemuda tersebut adalah satu dari enam penumpang asal China yang selamat dari tragedi Titanic -- fakta yang jarang diungkap atau sengaja ditutupi terkait salah satu peristiwa kemaritiman terbesar dalam sejarah tersebut. Seperti dikutip dari Washington Post, Jumat (20//4/2018), kala itu, pada pergantian Abad ke-20, situasi di Barat cenderung tidak bersahabat dengan orang-orang Tionghoa.

Sekitar 1.500 orang tewas setelah RMS Titanic yang berjuluk 'The Unsinkable Ship' menabrak gunung es pada 14 April 1912, dalam pelayaran perdananya. Hanya sekitar 700 orang yang selamat -- lolos dari maut dengan berebut sekoci yang jumlahnya hanya 20 buah, atau nyaris putus asa menanti pertolongan di lautan beku.

Namun, fakta keberadaan delapan pemuda asal China di kapal Titanic nyaris tak diketahui. Enam dari mereka selamat, namun dilarang menginjakkan kaki di Amerika Serikat. Nama-nama mereka masih bisa ditemukan dalam sebuah tiket kelas tiga: Ah Lam, Fang Lang, Len Lam, Cheong Foo, Chang Chip, Ling Hee, Lee Bing, dan Lee Ling.

Kini, sebuah film dokumenter berjudul "The Six" mengangkat cerita tentang enam orang tersebut. Pembuatnya, Arthur Jones dan Steven Schwankert berniat mengungkap kisah hidup mereka -- apa latar belakangnya dan bagaimana mereka bisa selamat dari tragedi Titanic.

Jones dan Schwankert berpendapat, kemungkinan besar, kedelapan orang tersebut adalah pelaut profesional yang bekerja di Inggris. Mereka baru saling mengenal tak lama sebelum naik ke Titanic. Tujuan akhir mereka adalah Kuba. Para pria asal China itu dijadwalkan menaiki kapal kargo yang dikenal sebagai The Annetta di New York.

"Alasan mereka bepergian dengan Titanic adalah untuk bekerja," kata Steven Schwankert kepada Washington Post, seperti dikutip dari Daily Mail. "Mereka adalah pelaut profesional yang sedang diperbantukan dari perusahaan di Inggris, untuk bekerja di perusahaan-perusahaan di Amerika Utara."

Mereka menempati geladak, kelas terendah dalam kabin. Hanya 20 persen penumpang di sana, yang bukan berkewarganegaraan Inggris, yang selamat. Saat Titanic perlahan karam, lima dari delapan orang tersebut melarikan diri menggunakan sekoci. Empat di antaranya menaiki Collapsible C -- perahu penyelamat terakhir yang meninggalkan Titanic.

Ketika ditemukan oleh para penyelamat, Collapsible C dalam kondisi tak penuh. Masih banyak ruang kosong yang seharusnya bisa menyelamatkan lebih banyak nyawa manusia. Joseph Bruce Ismay, pimpinan dan direktur pelaksana White Star Line -- perusahaan pemilik Kapal Titanic -- ditemukan di dalamnya. Juga ada George T Rowe, juru mudi bahtera itu. Kedua penyintas tersebut bersaksi soal keberadaan empat pemuda asal China dalam sekoci.

Sementara, korban selamat keenam ditemukan di dalam laut oleh sekoci yang berbalik, untuk menyelamatkan mereka yang masih bernyawa pasca-tenggelamnya Titanic.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...