News

142 RW di Jakarta Masih Terendam dan 9.890 Jiwa Mengungsi

sumber;internet

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 142 RW di Ibu Kota masih terendam banjir. Data itu terhitung hingga pukul 06.00 WIB. Namun, BPBD tak menjelaskan secara detail RW di wilayah mana yang terkena dampak banjir paling banyak.

"Hingga pukul 06.00 WIB, terdapat 142 RW (masih banjir)," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, M Insaf kepada wartawan, Rabu (26/2/2020).

Insaf menjelaskan, genangan air tertinggi terjadi di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur dengan ketinggian air 180 sentimeter. Terkait jumlah pengungsi banjir sebanyak 9.890 jiwa dari 2.788 KK. Mereka tersebar di 82 lokasi pengungsian.

Ia menambahkan, penyebab banjir merendam Jakarta lantaran curah hujan sangat lebat hingga ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah.

"Dengan curah hujan tertinggi yang terukur oleh stasiun BMKG sebesar 278 mm/hari di Stasiun Meteorologi Kemayoran, sehingga menyebabkan beberapa pintu air mengalami kenaikan status siaga dan sungai meluap," ujarnya.

Seperti diketahui, kemarin, hujan yang mengguyur wilayah DKI Jakarta sempat mengakibatkan Kompleks Istana Kepresidenan di Gambir, Jakarta Pusat, tergenang banjir. Namun, langsung ditangani hingga surut.

Tak hanya itu, perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) dengan sejumlah tujuan mengalami gangguan akibat banjir yang merendam perlintasan kereta di Jakarta dan sekitarnya, kemarin.

Selanjutnya, Banjir yang merendam permukiman warga di RW 04 Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur merenggut dua korban jiwa. Kedua warga meninggal dunia akibat tersengat arus listrik.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...