Politik

KPU Tetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan di Pekanbaru 513.546 Orang

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru menetapkan Daftar Pemilih (DP) Berkelanjutan di Kota Pekanbaru tahun 2020 mencapai 513.546 orang. Jumlah pemilih potensial ini dirinci dari 253.201 orang laki-laki dan 260.345 orang perempuan.

Penetapan DP Berkelanjutan ini digelar melalui rapat secara daring dipimpin langsung Ketua KPU Pekanbaru, Anton Marciyanto, bersama empat komisioner lainnya Zulfajri, Yeli Nofiza, Ariya Ghuna Saputra, dan Desriantoni.

Langkah pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tersebut ditempuh mengacu pada Surat KPU RI Nomor 181/2020 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020 bertanggal 28 Februari lalu.

Di antara isi surat KPU RI itu adalah, pertama, KPU provinsi/KPI Aceh dan KPU/KIP kabupaten/kota yang tidak melaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta bupati dan wakil bupati, dan/atau walikota dan wakil walikota tahun 2020, melakukan kegiatan pemutakhiran data pemilih secara berkala.

Secara teknis, KPU kabupaten/kota melaporkan hasil pleno tersebut setiap bulan kepada KPU provinsi.

“Mei ini nanti kami juga akan menggelar rapat pleno lagi untuk menetapkan data pemilih berkelanjutan terbaru,” kata Anton Merciyanto.

Berdasarkan rapat pleno ini, jumlah keseluruhan pemilih bertambah jika dibandingkan dengan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu tahun 2019 lalu, yakni 507.213 pemilih.

Dasar dari data pemilih berkelanjutan tersebut menurut Surat KPU RI Nomor 181/2020 adalah data DPTHP-3 2019 ditambah dengan data dari tanggapan/masukan masyarakat yang di antaranya data potensi pemilih baru dan data pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Potensi pemilih baru yaitu data pemilih pemula atau pindah administrasi kependudukan dari daerah lain ke kota Pekanbaru. Sedangkan pemilih TMS adalah seperti meninggal dunia, ganda, pindah domisili, dan perubahan status TNI/Polri.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...