News

New Normal, Juni 2020 Indonesia Secara Bertahap Kembali Bekerja

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Juni 2020 mendatang Indonesia sudah membolehkan pekerja bekerja dengan bertahap dimulai dari daerah DKI Jakarta, Kota dan Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, serta provinsi Bali.

Penerapan bekerja bertahap ini dilakukan dengan cara beradaptasi dan hidup berdampingan dengan virus corona. Fase ini dikenal dengan 'New Normal', yakni kehidupan baru yang mengadaptasi situasi pasca-pandemi.

Sebab, riset menunjukkan tren kasus corona mulai menurun setelah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Tahapan Indonesia kembali bekerja ini juga akan diikuti daerah-daerah di pulau Sumatera, Sulawesi dan Indonesia bagian Timur lainnya. Dimana saat ini telah melakukan penerapan PSBB.

Demikian diungkapkan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA dalam sebuah riset bertajuk 'Indonesia Bekerja Kembali: Lima Kisi-Kisi'. Dengan metode kualitatif didukung data sekunder lainnya, LSI menyebutkan Indonesia dapat kembali efektif bekerja dengan gaya 'New Normal' berbarengan dengan upaya menekan virus corona.

"Juni 2020, Indonesia secara bertahap dan selektif bekerja kembali," kata peneliti senior LSI Denny JA, Ikrama Masloman, Senin (18/05/2020) di Jakarta.

Hal itu didukung kebijakan lewat imbauan beraktivitas kembali bagi masyarakat berusia di bawah 45 tahun. Kemudian menggulirkan wacana relaksasi PSBB. Serta pernyataan Presiden Jokowi yang mengutip pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk mengajak warga Indonesia hidup berdamai dengan Covid-19 melalui fase 'New Normal' setiap orang di seluruh dunia tetap harus waspada dengan menjaga jarak, memakai masker, rajin mencuci tangan, dan membersihkan diri.

"Artinya kita harus berdampingan (menyesuaikan diri) hidup dengan Covid-19. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, berdamai dengan Covid-19. Sekali lagi, yang penting masyarakat produktif, aman, dan nyaman," kata Presiden Jokowi.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...