News

Sapi Milik Anggota DPRD Pekanbaru Jadi Sapi Kurban Presiden di Riau

sumber;internet

PEKANBARU - Sapi jenis Simental dengan bobot 897 Kilogram dipilih oleh Presiden Republik Indonesia, Jokowi melalui Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) RI untuk dikurbankan dalam peringatan hari raya Idul Adha di Provinsi Riau.

Sapi tersebut bukan milik peternak biasa, melainkan sapi tersebut milik anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Partai Keadilan Sosial (PKS) yang juga merupakan seorang peternak sapi dan juga kambing di Kota Pekanbaru.

Saat ditemui di kantor DPRD Pekanbaru, Rois menceritakan proses awal sebelum Setneg RI memilih sapinya. Terlebih dahulu Dinas Peternakan Provinsi Riau dan juga Kota Pekanbaru mendatangi peternakannya untuk dilakukan survey.

"Survey dilakukan beberapa kali, bahkan tim kesehatan dari Kota Bukittinggi juga didatangkan untuk mengecek sapi ini. Termasuk juga feses dan juga darah sapi," cakapnya, Selasa (28/07/2020).

Setelah dilakukan survey dan berbagai cek kesehatan juga sudah dilalui, beberapa hari kemudian Rois mendapatkan telepon dari Setneg bahwa sapi miliknya telah lolos seleksi dari tiga sapi yang di survey.

"Pertama sapi saya jenis Berangus yang memiliki bobot 879,5 kilogram, dan Simental 879. Selain itu ada sapi milik peternak lain memiliki bobot 817 kilogram," jelasnya.

Bukan tanpa kendala, di kemudian hari Setneg kembali menghubungi Rois bahwa ada beberapa kriteria dari sapinya yang kurang sempurna untuk sekelas presiden.

"Bentuk tanggungjawab moral saya, saya cari pengganti. Sapi yang ini sebenarnya sudah diklop untuk orang lain, dan kandangnya juga berbeda. Jadi itu yang kita sodorkan dan kembali dilakukan serangkaian tes, sapi jenis Simental dengan bobot 897 kilogram ini yang dipilih dan usianya 3,2 tahun," terangnya lagi.

Selanjutnya anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru ini menjelaskan bahwa sapi miliknya yang sudah dibeli oleh Jokowi ini akan diserahkan ke Masjid Agung An-Nur Pekanbaru dan akan disembelih pada hari Ahad (2/08/2020).*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...