Hukrim

5 Terduga Teroris di Kampar Berencana Ledakkan Bom Bunuh Diri

sumber;internet

KAMPAR - Tim Datasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri bersama Polda Riau dan Polres Kampar mengamankan lima orang terduga teroris di Kabupaten Kampar, Senin (11/8/2020). Para pelaku berencana meledakkan bom bunuh diri di sejumlah tempat.

Kelima pelaku berinisial SU, TJ, SY, LR dan TW. Para pelaku diamankan di waktu yang hampir bersamaan di Desa Suka Mulya, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar.

Kasubag Humas Polres Kampar, Iptu Deni Yusra, mengatakan, pelaku tergabung dalam jaringan Jamaah Anshorut Daulah (JAD) yang menganggap sistem negara demokratis adalah kafir. Pada Pilpres 2019 lalu, sebagian kelompok ini merusak baliho dan bendera salah satu Parpol di Kabupaten Kampar.

"Kelima terduga teroris ini terlibat dalam menyembunyikan dan memberikan fasilitas terhadap DPO terkait tindak pidana terorisme yaitu NW," kata Deni, Kamis (13/8/2020).

MW lebih dulu ditangkap Tim Densus 88 di rumah kontrakannya di Perawang, Kabupaten Siak pada Sabtu (1/8/2020) lalu. Sebelumnya, NW terlibat kasus pembuatan bahan peledak dan perencanaan amaliyah untuk meledakkan bom bunuh diri.

Mereka merencanakan melakukan bom bunuh diri di gereja-gereja di Kota Pekanbaru, bersama dengan empat orang rekannya, yaitu AZ, ZZ, AM dan KH yang diamankanpada 21 Juni 2020.

"Pengakuan NW, ia akan melakukan amaliyah dengan cara meletakan bom di Gerobak Cilok yang biasa digunakannya untuk berjualan. Kemudian di Mako Polres Kampar," tutur Deni.

Namun sebelum mereka beraksi, Tim Densus 88 berhasil mengetahui rencana mereka dan mengamankan para pelaku ini. Saat ini, tim masih melakukan pengembangan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...