News

Riau Siapkan Hotel Berbintang Untuk Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

sumber;internet

PEKANBARU - Kasus positif Covid-19 di Provinsi Riau terus meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Bahkan, sejumlah rumah sakit sudah penuh menampung pasien mengidap virus mematikan ini. Kondisi ini rupanya mendapat perhatian pemerintah pusat dengan mengalokasikan anggaran kepada Pemda untuk menyewa hotel sebagai tempat karantina isolasi mandiri pasien positif Covid-19. .

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Yan Prana Jaya kepada wartawan, Selasa (14/9/2020). Saat ini kata Yan, pihaknya sedang mengkoordinasikan hotel bintang dua dan tiga yang akan dijadikan tempat isolasi mandiri pasien positif covid-19.

"Kita mendapatkan informasi pemerintah pusat akan membantu untuk hotel berbintang dua dan tiga. Mereka membiayai sewa hotel untuk menampung warga ataupun pegawai yang terkena covid-19. Hotel sedang kita cari, dan diminta asisten III mempelajari mana yang murah dan cukup banyak yang bisa kita sewa,"jelas Sekda.

Yan Prana Jaya mengatakan, berapa banyak hotel yang akan di gunakan masih dalam pembahasan. Termasuk apakah akan membooking seluruh kamar atau tidak, juga masih dalam pembahasan. Karena hingga saat ini gedung tempat karantina pasien positif masih mencukupi. Namun secepatnya akan segera ditetapkan.

"Kita lihat kebutuhan, kalau dapat janganlah banyak-banyak, yang penting masyarakat mentaati protokol kesehatan, kita bisa memutus rantai covid-19, dan bisa menghemat anggaran. Kasian tenaga medis, semuanya diakak orang capek mengatasinya. Pakai saja masker taati saja dan memutus rantai penularan,"kata Sekda.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau bersama Dinas Kesehatan, meninjau gedung serbaguna dan juga gedung milik Pemerintah Provinsi Riau, dan pemerintah pusat yang ada di Pekanbaru.

Lokasi pertama yang ditinjau adalah Rusunawa Rejosari, dilanjutkan ke Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kementerian Pendidikan, Balai Tanaman Pangan Pemprov Riau, Balai Dinas Perindustrian, dan Balai Pelatihan Kehutanan Kementerian LHK.

Dari hasil peninjauan tersebut Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya, memastikan ketercukupan tempat tidur dan kamar yang akan menampung masyarakat Riau untuk dikarantina selama beberapa hari, mengingat saat ini angka kasus pasien positif Covid-19 terus meningkat setiap harinya.

“Dari hari ke hari terjadi peningkatan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, nah langkah-langkah ini harus cepat diambil oleh pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi Riau, pak Gubernur dalam arahan yang disampaikannya kepada kita untuk segera menyiapkan tempat tidur, atau kamar bagi orang yang terkonfirmasi covid-19 dan dilakukan isolasi mandiri. Ini kita siapkan segera kita memenuhinya,” ujar Yan Prana Jaya.

Dijelaskan Sekda, dengan telah disiapkannya gedung-gedung pemerintahan yang bisa dimanfaatkan untuk karantina pasien Covid-19, bisa menampung dan dimanfaatkan bagi penempatan masyarakat maupun siapapun akan tangani segera. Dengan jumlah tempat tidur sebanyak 1.064 tidur di 15 gedung.

“Kamar yang baru kita tinjau di Rusunawa ada 90 kamar, di LPMP ada 190 kamar, di Bapelkes ada 70 kamar, kita belum lagi di Koperasi, termasuk BLK-nya Kehutanan, semua sarana prasarana kita siapkan untuk melayani masyarakat. Kalau tidak cukup kita cari lagi, seperti asrama haji,” jelas Sekda.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...