Politik

Ketua KPU DKI Aktif Maju Jadi DPD RI

Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno. (sumber;internet)

JAKARTA - Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada pemilu 2019. Dengan begitu, Sumarno mengajukan pengunduran diri sebagai Ketua KPU DKI Jakarta periode 2013-2018. Ia mundur karena akan mempersiapkan diri sebagai calon anggota DPD dari daerah pemilihan DKI Jakarta.

Pengunduran diri itu ditulis Sumarno dalam surat tanggal 20 April 2018 yang ditujukan kepada Ketua KPU RI Arief Budiman.
"Iya betul surat itu, saya mengundurkan diri sebagai anggota dan Ketua KPU DKI," kata Sumarno, kemarin.

Sumarno mengatakan, dirinya serius maju sebagai calon anggota DPD dan meninggalkan jabatan yang diembannya saat ini. Karena itu, demi memenuhi persyaratan menjadi anggota DPD RI, Sumarno memilih mundur dari Ketua KPU DKI Jakarta. Rencananya, Sumarno menyerahkan surat dukungan maju sebagai calon anggota DPD ke KPU DKI hari ini (26/4/2018).

Penyerahan dokumen syarat dukungan calon anggota DPD telah dimulai sejak 22-26 April. Calon anggota DPD RI harus menyetor bukti dukungannya dari rakyat, berupa kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dan harus mendaftarkan diri melalui online.

Sumarno lahir di Tulungagung, Jawa Timur, 4 Maret 1966. Ia lulus dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember pada tahun 1991. Ia kemudian hijrah ke Jakarta dan memulai kariernya pada usia 25 tahun sebagai dosen jurusan ilmu politik FISIP di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Pada tahun 2008, Sumarno maju menjadi komisioner KPU DKI Jakarta dan terpilih menjadi komisioner KPU DKI 2008-2013. Pada periode berikutnya, ia kembali terpilih dan menjadi Ketua KPU DKI 2013-2018.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...