News

Masyarakat Rambah Kiri Antusias Ikuti Program Museum

ROHUL - Masyarakat Rambah Kiri Antusias Ikuti Program Museum Program Publikasi Museum di Media Cetak dan Elektronik (Penyebarluasan Informasi Koleksi) UPT Museum dan Taman Budaya Dinas Kebudayaan Riau langsung menyasar ke masyarakat. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari di Kabupaten Rokan Hulu, 9-11 Oktober 2020 itu, dilaksanakan di halaman SDN 02 Rambah Hilir. 

Kepala Seksi Pengelola dan Pengembangan UPT Museum Sang Nila Utama, Edy Yulisman SE MSi menyebutkan, program yang dilaksanakan di Rohul mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat tempatan. Terbukti, ramainya mereka hadir sepanjang kegiatan berlangsung. Apalagi para pelajar cukup aktif mengikuti pemutaran film dokumenter koleksi museum, film sejarah Riau, serta benyak bertanya tentang pameran koleksi permainan rakyat yang dipajang.

"Tentu saja, antusiasme masyarakat sangat menggembirakan sekali. Program ini cukup jitu untuk memperkenalkan museum dan manfaatnya bagi kehidupan," ulasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan Riau Yoserizal Zen menambahkan, hingga saat ini, museum-museum di Indonesia memang sepi pengunjung. Setiap pengelola mencari cara agar museum dikenal dan menjadi keperluan bagi penelitian sejarah dan kebudayaan. Sehingga semakin ramai yang memahami bahwa museum memang penting dan perlu terus dikembangkan. 
Dalam program Publikasi Museum di Media Cetak dan Elektronik (Penyebarluasan Informasi Koleksi) di Rohul dan Kuansing, serta akan dilanjutkan ke Siak dan Pelalawan diharapkan, masyarakat semakin ramai mengenal dan mengetahui keberadaan Museum Sang Nila Utama. 

Ditambahkannya, peran media, lembaga pendidikan dan media massa dalam peningkatan apresiasi terus mengalir di berbagai forum sampai saat ini. Apalagi museum sebagai pintu gerbang informasi dan pengetahuan bisa menjadi dialog budaya antar zaman, dulu, kini, dan nanti. 

"Paling tidak, program ini memberikan banyak informasi dan semakin meyakinkan kita, bahwa Riau adalah negeri Melayu yang kaya budaya serta memiliki sejarah panjang," katanya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...