News

Kecuali Sail, Seluruh Kecamatan di Pekanbaru Sudah Zona Orage Covid-19

Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mencatat penyebaran Covid-19 saat ini masih fluktuatif. Satu kecamatan di Ibukota Provinsi Riau itu masih berada di zona merah.

"Dari dua pekan terakhir, ada penurunan angka positif. Yang biasa rata-rata 22 persen, saat ini jadi 16 persen," kata Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT, Selasa (8/12/2020).

Berdasarkan evaluasi laporan kasus konfirmasi positif covid-19 sejak dua pekan terakhir, diketahui terjadinya penurunan jumlah kasus. Dalam laporan tersebut juga diketahui saat ini masih ada satu kecamatan berada di zona merah, yakni Sail.

Kemudian ada 7 Kecamatan yang berada pada zona orange atau tingkat penyebaran sedang, dan 4 Kecamatan menuju ke zona kuning atau tingkat penyebaran rendah.

"Setelah grafiknya sampai ke puncak, sekarang ini fase penurunan. Jangan sampai gelombang naik lagi. Kalau masyarakat lalai, maka terjadi lagi gelombang naik," jelasnya.

Ia mengungkapkan, saat ini pemerintah terus berupaya melakukan kontrol dan pengendalian covid-19. Ada dua momen yang menjadi perhatian pemerintah saat ini dalam pengendalian kasus.

Pertama, dalam menghadapi perayaan natal, dan libur akhir tahun. Pada momen ini dikhawatirkan akan terjadi lonjakan kasus akibat masyarakat lalai dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Beberapa hari lagi masuk Natal, tahun baru, sehingga di perayaan ini dikhawatirkan akan terjadi penyebaran jika masyarakat abai lagi," jelasnya.

Kemudian momen yang kedua dikhawatirkan adalah, pada awal tahun di saat proses sekolah tatap muka mulai berlangsung. Peserta didik memulai proses pembelajaran di sekolah dan kembali menjalankan aktivitas secara bersamaan.

"Ditambah lagi gelombang anak sekolah, karena pemerintah telah merencanakan sekolah dimulai awal tahun depan. Ini juga harus diantisipasi," kata dia.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...