News

DPMPTDP Pekanbaru Jempu Bola Promosikan UMKM dan Bisnis Masyarakat

PEKABARU - Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim, dan Promosi Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kota Pekanbaru. Salah satu program DPMPTSP adalah melaksanakan Promosi Bisnis (Probis). 

Probis ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan usaha besar berlandaskan kepada Surat Keputusan (SK) Wali Kota. Program Probis ini merupakan kegiatan yang baru dilaksanakan oleh DPMPTSP Kota Pekanbaru dalam upaya untuk membantu para pelaku usaha. Agar, para pelaku usaha dapat mempromosikan usaha atau bisnisnya dengan pembuatan liputan video profil usaha oleh tim kreatif media sosial yang berada di bawah bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal. Liputan video profil usaha ini dilakukan secara gratis. 

Program ini merupakan salah satu kegiatan unggulan dari DPMPTSP Pekanbaru. Nantinya, video liputan profil usaha ini akan ditayangkan di kanal platform media sosial DPMPTSP.  Menurut Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal DPMPTSP Dessy Triana di ruang kerjanya, Selasa (14/9/2021), mengatakan, promosi usaha secara digital melalui tayangan video perlu digencarkan untuk membangkitkan lagi perekonomian di masa pandemi Covid-19. 

"Dalam satu bulan terdapat dua usaha besar yang kami promosikan. Jenisnya beragam, mulai dari sektor industri, jasa, maupun perdagangan. Sampai Agustus, akun media sosial kami telah menayangkan delapan usaha besar melalui program Probis," ungkapnya. 

Teknis pelaksanaannya, koordinator Probis memilih dan menentukan usaha besar yang akan diliput berdasarkan data perizinan di DPMPTSP. Tahapan pertama, melakukan konfirmasi langsung kepada pemilik usaha melalui via telepon. Tahapan kedua, survei dan observasi untuk menentukan jadwal syuting dan konsep yang akan diusung. Tahapan ketiga, liputan video dan wawancara.

"Proses pengambilan video dan wawancara pelaku usaha, meliputi keunggulan produk, fasilitas yang disediakan, pemasaran, kelebihan dari kompetitor, dan alamat usaha," urai Dessy. Tahapan keempat, melakukan proses pengeditan oleh tim Probis. Tahapan terakhir, video ditayangkan di media sosial resmi milik DPMPTSP Pekanbaru. 

"Selain di media sosial DPMPTSP, video Probis juga ditampilkan pada standing display (layar informasi digital) yang ada di dalam Mal Pelayanan Publik (MPP). Jadi, pengunjung atau pengurus izin juga bisa melihat langsung video promosi dari DPMPTSP," ujar Dessy. Kegiatan Promosi Bisnis merupakan upaya DPMPTSP Pekanbaru melayani dan membantu usaha besar. Agar, usaha besar dapat bangkit kembali di tengah pandemi Covid-19. 

Namun tidak sedikit pula yang meminta langsung DPMPTSP melakukan liputan. Hal terlihat dari respon yang muncul pada kolom komentar, direct message (DM) Instagram, dan Facebook DPMPTSP Pekanbaru. "Kami berharap dengan adanya program ini, iklim investasi bisa membaik. Usaha besar dapat bangkit kembali seperti sebelum masa pandemi. Tak hanya itu, kemitraan dengan UMKM lokal dapat terjalan agar perekonomian bisa pulih kembali," harap Dessy. 

Bagi pelaku usaha yang mau dipromosikan, terutama usaha besar yang baru diluncurkan, wajib follow (mengikuti) dan subscribe (berlangganan) media sosial DPMPTSP. Kemudian, pelaku usaha mengakses situs dpmptsp.pekanbaru.go.id/promosi/.

Di samping program Probis, DPMPTSP juga berupa memiliki program lain yaitu promosi dan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Program baru ini dinamakan GELIAT UMKM. "Program ini merupakan promosi usaha melalui konten video promosi untuk pelaku UMKM yang dilakukan oleh tim media sosial DPMPTSP," jelas Dessy. Program ini sebagai wadah promosi UMKM dengan menggunakan media sosial YouTube, Instagram, dan Facebook resmi DPMPTSP. Program GELIAT UMKM ini sudah memasuki episode ke-25 ini.

"Program ini sudah berjalan sejak Juni 2020 hingga sekarang. Program ini memfasilitasi kepada pelaku usaha UMKM untuk mempromosikan produknya dalam bentuk proses produksi, keunggulan produk, dan pemasaran, dengan durasi maksimal tujuh menit," sebut Dessy.

Dalam satu bulan, ada dua pelaku usaha yang dipromosikan oleh Geliat UMKM dengan mengambil segmen yang berbeda setiap tayang, mulai dari kuliner, fesyen, kriya (kerajinan tangan), sampai aplikasi. Kriteria pelaku UMKM yang diliput antara lain, telah memiliki izin usaha sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta izin dikeluarkan oleh DPMPTSP. "Oleh sebab itu, kami memberikan penghargaan kepada pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya melalui program GELIAT UMKM. Lada prinsipnya, pemerintah merupakan pelayanan bagi masyarakat,” ucap Dessy. 

Teknis pelaksanaannya Tim koordinator GELIAT UMKM memilih dan menentukan beberapa UMKM berdasarkan data perizinan yang ada di DPMPTSP. Tahapan pertama, menghubungi pelaku usaha terkait kesiapan proses promosi. Tahapan kedua, survei dan observasi terkait jadwal dan konsep yang akan diangkat dari usaha tersebut. Tahapan ketiga, melakukan liputan video dan wawancara.

"Dalam proses pengambilan video, kami melakukan wawancara pelaku usaha untuk mendeskripsikan produk, proses produksi, keunggulan produk, pemasaran dan alamat outlet/galeri. Program ini mendapat apresiasi yang luar biasa dari para pelaku usaha UMKM," tutur Dessy. Kesempatan berbeda, Fitri, salah seorang pelaku UMKM Tenun Wanfitri mengatakan, ia sangat berterima kasih kepada DPMPTSP karena telah membantu mempromosikan usaha. Sejauh ini, promosi produk UMKM belum ada dari pemerintah lain. 

“Kami berharap melalui program GELIAT UMKM ini, produk yang dipromosikan dapat lebih dikenal di masyarakat. Omzet dan pendapatan meningkat dan terjalin kemitraan dengan usaha besar,” harap Dessy. Bagi pelaku UMKM yang mau dipromosikan, terutama pelaku UMKM yang baru launching, wajib follow, dan subscribe media sosial DPMPTSP. Kemudian, pelaku UMKM mengontak DPMPTSP melalui situs dpmptsp.pekanbaru.go.id/promosi/. (Adv)




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...