Daerah

Soal UNBK Bocor, Dewan Tuntut Kadispendik Mundur

Ilustrasi aktifitas UNBK di sekolah. (sumber;internet)

SURABAYA - Kebocoran soal pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri 54 Bulak, Surabaya pada bulan lalu dikritisi anggota DPRD Surabaya. Anggota dewan mendesak Kepala Dinas Pendidikan Surabaya M Ikhsan untuk bertanggung jawab atas kebocoran soal tersebut.

Dalam kasus ini Ikhsan adalah pihak pelapor. Kasus ini telah ditangani Polrestabes Surabaya. Dua orang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Meski yang melapor Kepala Dinas Pendidikan namun itu bukan berarti dia bisa lepas tanggung jawab. Sebab dinas pendidikan adalah sebagai penyelenggara UNBK yang ada di Kota Surabaya," kata anggota komisi D DPRD Surabaya Reni kepada wartawan usai hearing di Komisi D di gedung DPRD Kota Surabaya, Rabu (2/5/2018).

Reni menilai bahwa prosedur penyelengaraan UNBK merupakan tanggung jawab Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

"Saya khawatir ini terjadi karena kelalaian di dalam upaya pengawasan dan pembinaan. Apalagi ini terjadi di sekolah negeri. Sekolah negeri inikan secara SDM yang paling lengkap," ungkap Reni. 

Reni mengibaratkan kasus ini seperti seseorang yang sedang terkena sakit diabetes dan penanganannya harus dilakukan amputasi. 

"Katakanlah amputasi itu adalah laporan. Tapi luka itu tidak cukup diamputasi tapi bagaimana badan itu harus dilakukan perbaikan supaya sehat. Seperti pola makannya. Yang saya katakan tadi adalah salah satu bentuk penyegaran," ujar Reni.

Reni juga menyampaikan dalam kegiatan dan hal-hal lain yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya, ada kekurangan yang ditutup-tutupi dan tidak terbuka. 

"Saya menyarankan agar adanya penyegaran di Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Dan saya menyarankan dengan besar hati jika Kepala Dinas Pendidikan untuk mundur sebagai bentuk penyegaran," tandas Reni.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...