Dunia

Kurang Sehari, Rakyat Malaysia Kumpulkan Rp24 M Bantu Bayar Utang Negara

Ilustrasi rakyat Malaysia. (sumber;internet)

PUTRAJAYA - Warga Malaysia telah menyumbangkan lebih dari RM7 juta (sekira Rp24 miliar) kepada pengumpul dana untuk membantu pemerintah Malaysia atau Tabung Harapan dalam waktu 24 jam sejak peluncurannya. Menteri Keuangan Malaysia, Lim Guan Eng mengatakan, jumlah uang itu dicapai pada Kamis pukul 3 sore kemarin.

"Kami dibuat malu oleh kemurahan hati orang Malaysia yang telah menyalurkan dana non-stop untuk membantu Pemerintah membayar utang nasional lebih dari RM1 triliun," kata Lim Guan Eng  dikutip The Star, Sabtu (2/6/2018).

"Sesungguhnya, orang Malaysia telah mengambil patriotisme mereka ke tingkat yang lebih tinggi, bersedia untuk berpisah dengan uang saku dan uang tunai mereka untuk membangun kembali bangsa," tambahnya.

Lim mengatakan, Tabung Harapan akan tetap terbuka untuk menerima sumbangan dan jumlah total sumbangan yang diterima akan diumumkan setiap hari pukul 3 sore di laman resmi kementerian keuangan. Uang yang disumbangkan merupakan pengurangan pajak.

“Semua uang yang disumbangkan dapat dikurangi pajak sehingga warga Malaysia disarankan untuk menyimpan tanda terima mereka untuk transaksi,” paparnya.

Ketika ditanya mengenai proses audit dana ini, Lim mengatakan bahwa audit akan melalui tahap audit internal di kementerian dan audit oleh Departemen Auditor Umum. Dia meyakinkan bahwa uang yang dikumpulkan tidak akan digunakan untuk hal lain kecuali membayar utang negara.

Pembentukan dana Tabung Harapan Malaysia diumumkan oleh Perdana Menteri Mahathir Mohamad pada Rabu. Sumbangan yang diterima hanya sumbangan dalam bentuk ringgit Malaysia.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...