Hukrim

Gubernur Aceh Terjaring OTT KPK, Uang Ratusan Juta Ikut Diamankan

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf saat diperiksa KPK. (Sumber;internet)

JAKARTA - Tim Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mengamankan uang ratusan juta rupiah dari operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi.

"Sejumlah uang ratusan juta rupiah diamankan. Diduga merupakan bagian dari realisasi commitment fee sebelumnya," kata Ketua KPK Agus Rahardjo, Selasa (3/7/2018) malam.

Namun, Agus belum menjelaskan uang ratusan juta rupiah yang diamankan dalam OTT Irwandi Yusuf dan Ahmadi itu terkait proyek apa. Baik Irwandi Yusuf dan Ahmadi kini telah berada di Polda Aceh untuk menjalani pemeriksaan awal. 

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan bahwa pihaknya telah mengamankan dua orang kepala daerah di Tanah Rencong itu. Menurut dia, total pihak yang diciduk dalam OTT kali ini sebanyak 10 orang. 

Febri mengatakan penangkapan terhadap dua kepala daerah itu dilakukan lantaran diduga telah terjadi transaksi yang melibatkan penyelenggara di tingkat provinsi dan kabupaten di Serambi Mekah. 

"Diduga sebelumnya telah terjadi transaksi yang melibatkan penyelenggara negara di tingkat provinsi dan salah satu Kabupaten di Aceh," ujar Febri.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diciduk dalam OTT tersebut. 

Irwandi Yusuf merupakan gubernur Aceh yang menang dalam Pilgub Aceh 2017. Irwandi Yusuf berpasangan dengan Nova Iriansyah. Pasangan gubernur dan wakil gubernur Aceh itu dilantik pada 5 Juli 2017 lalu. 

Irwandi Yusuf pernah menjabat Gubernur Aceh periode 2007-2012. Sedangkan Nova Iriansyah merupakan anggota DPR RI periode 2009-2014. Pasangan ini diusung oleh Partai Demokrat, Partai Nasional Aceh (PNA) dan sejumlah partai lainnya.

Sementara itu, Bupati Bener Meriah Ahmadi merupakan kader Partai Golkar. Ia berpasangan dengan Syarkawi saat maju dalam Pilkada Bener Meriah 2017. Ahmadi dan Syarkawi dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Bener Meriah pada 14 Juni 2017.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...