Dunia

Pertama di Dunia, Negara ini Punya Empat Wakil Presiden

Ilustrasi (sumber;internet)

ENTEBBE - Pihak-pihak yang bertikai di Sudan Selatan akhirnya menyepakati perjanjian damai yang diharapkan dapat mengakhiri konflik berdarah yang telah berlangsung selama lima tahun di negara baru Afrika itu. Dalam kesepakatan tersebut, Pimpinan Pemberontak Riek Machar akan kembali dikembalikan ke jabatannya sebagai wakil presiden Sudan Selatan.

Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan yang digelar di Entebbe, Uganda dengan Presiden Uganda, Yoweri Museveni bertindak sebagai penengah. Turut hadir dalam perundingan itu adalah Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir dan Presiden Sudan, Omar al Bashir.

"Setelah pertemuan 10 jam, semua pihak sepakat ... akan ada empat wakil presiden dan Dr Riek Machar akan dikembalikan pada jabatannya sebagai wakil presiden pertama," demikian pernyataan hasil perundingan yang dilansir Reuters, Kemarin.

Pernyataan itu juga menyebutkan bahwa meski kedua belah pihak telah sepakat atas usulan tersebut, masih akan ada konsultasi lebih lanjut untuk mencapai keputusan final.

Sudan Selatan telah dilanda perang sipil sejak 2013, ketika perselisihan politik antara Kiir dan Machar meledak menjadi konfrontasi militer. Konflik yang melibatkan kelompok etnis Dinka yang mendukung Kiir dan etnis Nuer pendukung Machar itu telah menelan puluhan ribu korban jiwa, serta merusak produksi minyak yang menjadi andalan negara itu.

Kesepakatan tentang posisi Machar berpotensi menjadi sebuah terobosan dalam upaya baru yang dimediasi oleh para pemimpin regional guna menemukan solusi dan perjanjian damai untuk mengakhiri perang.

Kesepakatan serupa pada 2015 gagal setelah perbedaan pendapat antara Machar dan Kiir yang terjadi pada tahuh berikutnya dengan cepat berkembang menjadi sebuah konflik baru dan kembali menyulut pertempuran antara kedua kubu.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...