Food

Teh Hitam Asal Cianjur Raih Penghargaan AVPA di Paris

Ilustrasi teh hitam. (sumber;internet)

PARIS - Teh hitam yang ditanam Cianjur berhasil meraih 'AVPA Gourmet Product 2018' Prancis. Aroma dan rasanya yang unik mengalahkan beragam teh hitam di dunia. 

Balck Tea atau Teh Hitam produksi PT Bulitsari ikut serta dalam kompetisi International AVPA (Agency for the Valorization of Agricultural Product) di Paris, Prancis. Kategori 'Teas's of The World' diikuti oleh 113 peserta dari 15 negara. 

Produk teh yang dipertandingkan dibagi dalam sembilan kategori. Green tea, White tea, Oolong Clear, Darjeeling, Oolong Moyen, Oolong Oriental Beauty, Oolong Dark, Black Tea, dan No Category.

'Black Tea yang dibawa oleh PT Bukitsari seakan-akan membawa kami dalam sebuah perjalanan yang panjang berkat aroma spicy dan aroma kayunya. Teksturnya pun kuat, tanpa mendominasi keseluruhan rasanya yang original,' ungkap ketua kompetisi Gourmet 'Tea's of The World', Laurent Pascault dari AVPA mewakili para juri. 

VPA (Agency for the Valorization of Agricultural Products) sendiri ada di Paris, Prancis,. Merupakan negara acuan gastronomi dunia. AVPA bertujuan membantu meningkatkan nilai tambah produk-produk jadi pertanian dari negara-negara produsen. Juga membantu memasarkan produk tersebut pada tingkat nasional dan internasional.

Proses penjurian berlangsung ketat. Selain teh, juga ada kopi yang ikut dalam kompetisi. Menurut rilis, produk-produk yang diberikan sertifikasi merupakan produk teh yang sudah diolah di negara asal sehingga lebih mahal nilai jualnya. 

Karenanya produk teh dan kopi harus memenuhi syarat-syarat penjurian yang ketat. Seperti rasa yang otiginal sesuai asal geografis, unik dan berpotensi untuk bersaing di pasar Eropa. 

Country Manager AVPA France untuk Indonesia, Annelis Putri, mengharapkan bahwa akan semakin banyak produk-produk dipasrkan di dalam dan luar negeri dengan harga bagus, karena telah mendapatkan pengakuan dari Paris.

'Kami sangat bahagia dan bangga dapat merepresentasikan produk premium teh Indonesia,' ungkap Ronal Goenawan, Product Manager Bukit Sari (Bankitwangi) pada detikfood (20/7). Hasil penjurian dan penyerahan penghargaan berlangsung di Paris (10/7) silam. Kompetisi kategori teh dna kopi ini akan kembaii digelar tahun depan.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...