Lingkungan

1.711 Hektare Lahan Terbakar, Riau Kembali Bencana Asap?

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Satu bulan penuh tim Satgas Karhutla Riau telah melakukan pemadaman kebakaran di kecamatan Rupat, kabupaten Bengkalis, provinsi Riau. Bahkan saat ini Satgas Karhutla masih terus berupaya agar api tidak meluas.

Terhitung sejak Januari 2019 sampai hari ini luas lahan yang terbakar di Riau mencapai 1.711,41 hektare (Ha).

"Kawan-kawan Satgas terus melakukan pemadaman di Rupat. Bahkan sudah satu bulan mereka pemadaman dilakukan. Saat ini Satgas melakukan pendinginan di beberapa lokasi yang mengeluarkan asap, agar kebakaran tak meluas," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Ahmad Syah Harrofie.

Loading...

Mantan Penjabat Bupati Bengkalis ini mengatakan, sampai saat ini kebakaran di Bengkalis sudah mencapai 953.5 hektar. Kebakaran terparah terjadi di kecamatan Rupat.

"Saat ini tim masih melakukan pemadaman lanjutan di Desa Teluk Lecah, Rupat. Kemarin malam hujan lumayan lebat di lokasi, sehingga asap sudah tidak ada lagi. Ini hari ke-30 tim berada di lapangan," paparnya.

Pemadaman juga dilakukan di kelurahan Tarkul Rupat, Bengkalis. Kondisi saat ini tim masih melakukan pemadaman, serta masih melakukan pendinginan dibeberapa titik yang mengeluarkan asap.

"Kemarin tim juga melakukan pemadaman di Desa Teluk Lecah, Rupat, Bengkalis seluas 10 hektare. Di sini ada kesulitan karena akses jalan masuk cukup sulit dan jauh. Namun tim terbantu karena sempat ada hujan di lokasi kebakaran, saat ini masih ada asapnya dan masih melakukan pemadaman," terangnya.

Tak hanya itu, kabakaran juga terjadi di Desa Pematang Duku, kecamatan Bengkalis. Di sana kebakaran meluas, dari 7 hektare menjadi 8 hektare. Saat ini tim gabungan masih berupaya melakukan pemadaman api.

"Tim juga lakukan pemadaman di Desa Muara Dua, Siak Kecil, Bengkalis," ujarnya.

Kebakaran masih terjadi di Rokan Hilir, Dumai, Pelalawan, Indragiri Hulu, Kampar, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti dan Siak. Dimana satgas terus berupaya melakukan pemadaman agar api tidak meluas. Namun sebagian wilayah di kabupaten/kota itu api sudah berhasil dipadamkan, dan saat ini proses pendinginan.

Berikut rekapitulasi luas lahan terbakar di kabupaten/kota se-Provinsi Riau:
1. Rohhil : 254.5 Ha
2. Dumai : 133 Ha
3. Bengkalis : 953.5 Ha
4. Meranti : 187.4 Ha
5. Siak : 70.75 Ha
6. Pekanbaru : 21.76 Ha
7. Kampar : 19.5 Ha
8. Pelalawan : 21.5 Ha
9. Inhu : 1.5 Ha
10. Inhil : 48 Ha



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...