Warganet

Bappenas : Laporan Layak Ibu Kota Negara dan Tim Nawa Cipta 2018, Bukan Dokumen Kami!

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Dokumen kajian pemindahan ibu kota bertulisan 'Tim Nawa Cipta 2018 untuk Bappenas' ramai beredar di media sosial. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memastikan dokumen itu bukan resmi dari mereka. 

Isi dokumen yang beredar itu salah satunya berisi tentang perbandingan kesiapan infrastruktur berbagai pulau sebagai ibu kota. Ada keuntungan, ancaman, hingga skor apabila ibu kota berada di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. 

Bappenas lalu angkat bicara soal tersebarnya dokumen bertulisan 'Tim Nawa Cipta 2018 untuk Bappenas' itu. Bappenas mengaku tidak tahu-menahu soal dokumen tersebut. 

"Untuk dokumen yang tengah beredar, kami menyampaikan bahwa dokumen tersebut BUKAN hasil kajian resmi dari @BappenasRI, karena tidak memuat logo kami, dan tidak ada Kata Pengantar beserta tanda tangan Menteri PPN/Kepala Bappenas selayaknya dokumen resmi," tulis Bappenas lewat Twitter, seperti dikutip pada Kamis (2/5/2019). 

Bappenas menyebut Tim Nawa Cipta yang tertulis di dokumen itu tidak jelas. Bappenas juga mengaku tidak pernah berhubungan dengan tim tersebut. 

"Sama seperti dokumennya, Tim Nawa Cipta yang tercantum juga tidak jelas. Layaknya dokumen yang valid, seharusnya dicantumkan nama ketua dan anggota tim agar pertanggungjawabannya jelas #IbuKotaNegara."

Bappenas lalu menyampaikan kembali alasan ibu kota perlu dipindahkan serta pesan Presiden Joko Widodo agar ibu kota dipindahkan ke luar Jawa. Informasi valid soal rencana ini akan disampaikan Bappenas lewat akun resminya. 

"Informasi lengkap, valid, dan terpercaya tentang rencana pemindahan ibu kota hanya berasal dari akun resmi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/@BappenasRI. Jadi, hati-hati dengan akun anonim atau informasi palsu yang mungkin beredar ya!" papar Bappenas.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...