News

Wako Pekanbaru 'Antar-Jemput' Zakat di Masjid Al Mukarram

Walikota Pekanbaru menjadi amil Zakat dan menerima zakat mal dari Sekdako Pekanbaru M Noer MBs

PEKANBARU - Zakat merupakan kewajiban pada umat Islam untuk yang sudah dewasa. Zakat juga merupakan upaya kita mensucikan harta dan diri serta membantu saudara sesama yang memerlukan untuk hidup. Ini yang ingin disampaikan Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT yang membayarkan zakat Mal-nya di Masjid Al-Mukarramah Tenayanraya, Selasa (21/5/2019) malam. 

"Saya Firdaus menyerahkan zakat mal saya sebagai pertanggungjawaban saya atau harta yang saya miliki," ucap Firdaus saat 'ijabkabul' dihadapan petugas penerima Zakat. 

Namun tidak hanya mengantarkan zakatnya, Walikota Pekanbaru juga menerima zakat para kepala OPD yang hadir secara bergantian. Wako yang duduk dibalik meja penyerahan zakat mendadak menjadi petugas amil zakat. Petinggi pemko yang perdana adalah Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Noer MBS menyerahkan Zakat ke Baznas melalui tangan amil zakat dadakan yaitu Walikota Pekanbaru sebesar Rp 2 Juta.

Sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga menyerahkan zakatnya pada Selasa malam. Nantinya zakat yang terkumpul bakal dihimpun di Baznas Pekanbaru untuk disalurkan kepada mereka yang berhak menerima zakat. Pada kegiatan yang digagas Baznas Pekanbaru Firdaus tidak cuma jadi petugas yang mengumpulkan zakat. Ada juga kegiatan menjemput zakat walikota bersama jajaran.

Firdaus juga menyerahkan langsung zakat mal sebesar Rp 2,5 juta kepada petugas Baznas Pekanbaru. "Jadi hari ini tidak cuma menjadi amil zakat, untuk mengumpulkan zakat. Tapi menyerahkan langsung zakat mal," terangnya di hadapan para jemaah Masjid Al Mukarramah, Selasa malam.

Firdaus mengajak masyarakat untuk menyalurkan zakat kepada para amil zakat yang ada di lingkungannya. Nantinya zakat bakal disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerima zakat jelang perayaan Idul Fitri 1440 H. Ia mengajak masyarakat yang sudah mencapai nisab segera membayar zakat mal. Sebab banyak masyarakat yang membutuhkan zakat tersebut. 

"Kami mengingatkan agar segera membayar zakat. Jangan sampai menanti dekat lebaran," ajaknya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...