Viral

Mengharukan, Ibu Ujian Sambil Gendong Bayi di Afghanistan

Jahantab Ahmadi saat mengendong bayinya sambil mengikuti ujian masuk universitas di Afganistan. (sumber;internet)

KABUL - Tidak ada kata terlambat untuk menimba ilmu dan mendapatkan pendidikan. Pepatah itu benar-benar dipraktekkan seorang petani di Afganistan, bahkan fotonya viral di dunia maya. Bagaimana tidak, wanita yang diketahui bernama Jahantab Ahmadi, rela mengerjakan ujian sambil menggendong bayinya.

Seperti dikutip dari Channel News Asia, kemarin, dalam foto tersebut terlihat Jahantab Ahmadi duduk di lantai sambil memangku sang bayi. Sementara ia fokus pada kertas ujian masuk sebuah perguruan tinggi di ibu kota Afghanistan. Foto yang diambil oleh seorang profesor di universitas swasta Nasir Khusraw di Afghanistan tengah tersebutlah menjadi viral.

Ahmadi menuai pujian karena di negaranya sebagian besar wanita buta huruf dan diperlakukan sebagai warga negara kelas dua, dia tetap berjuang untuk bisa masuk perguruan tinggi. Gambar itu juga memicu luapan kekaguman banyak orang, tawaran bantuan keuangan untuk ibu tiga anak berusia 25 tahun tersebut pun berdatangan.

"Aku tak ingin studiku terputus," kata Ahmadi yang berasal dari desa pertanian terpencil di Provinsi Daikundi. Hidupnya bergantung dari gandum, jagung dan kentang memberikan penghasilan sedikit.

"Aku ingin bekerja di luar rumah. Aku ingin menjadi dokter, seseorang yang melayani wanita di komunitas atau masyarakatku," jelasnya lagi.

Usaha Ahmadi jauh-jauh dari kampung halaman tak sia-sia. Ia lulus ujian setelah melakukan perjalanan berat mencapai ibu kota Provinsi Nili - dua jam berjalan kaki melintasi gunung dan sembilan jam di angkutan umum dengan jalan bergelombang.

Ia bahkan mendapatkan bantuan dana. Kampanye online GoFundMe yang diluncurkan oleh Asosiasi Pemuda Afganistan untuk membantu membayar biaya universitasnya sejauh ini telah mengumpulkan lebih dari US $ 14.000 - sebuah keberuntungan di negara dengan sekitar 39 persen penduduk hidup dalam kemiskinan. 

Awalnya Ahmadi merasa bingung kenapa begitu banyak orang perhatian kepadanya setelah ia ikut ujian sambil menggendong sang bayi, Khizran pada Februari lalu. Sekitar sebulan kemudian, barulah ia mengetahui alasannya.

"Teman-temanku di desa memberitahuku dan bilang 'kamu difoto'. Aku bilang 'aku tidak tahu pernah difoto' dan mereka bilang 'kamu sedang berkonsentrasi ujian'," jelas Ahmadi sambil tersenyum malu.

Ahmadi mengaku awalnya ujian tersebut diadakan di luar ruangan. Ia duduk di kursi dengan Khizran di pangkuannya. Tetapi bayinya tengah sakit telinga dan tak berhenti menangis. Untuk membuatnya tenang dan tidak mengganggu orang lain, akhirnya Ahmadi duduk di lantai sambil terus mengerjakan ujian.

"Aku harus berkonsentrasi pada bayiku dan mengerjakan tes," katanya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...