News

Jarak Pandang Menipis, 6 Penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru Ditunda

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Pagi ini jarak pandang di Kota Pekanbaru terbatas, hanya 100 meter pada pada pukul 7.00 WIB tadi. BMKG menyatakan ini bukan disebabkan oleh asap tapi disebabkan oleh fog atau kabut.

Akibat jarak pandang yang terbatas, sejumlah penerbangan di bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru ditunda.

"Dapat kami sampaikan sampai dengan pukul 07.30 WIB jarak pandang di bawah 800 meter. Demi keselamatan, beberapa penerbangan mengalami penundaan," ujar Executiv General Manager Yogi Prasetyo Suandi, Selasa (1/10/2019).

Yogi mengatakan, sampai saat ini ada 6 penerbangan yang ditunda. Mereka sedang menunggu sampai jarak aman untuk terbang yakni di atas 800 meter.

"Kalau untuk penyebab jarak pandang terbatas mungkin bisa konfirmasi kepada yang lebih berwenang," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, fog atau kabut yang mengandung butiran air menyelimuti Kota Pekanbaru. Akibatnya jarak pandang di Pekanbaru menurun jadi 100 meter.

"Ini bukan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau, tapi kabut atau fog," ujar Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru, Ahmad Agus Widodo, Selasa (1/10/2019).

Ia menjelaskan, kabut (fog) merupakan partikel basah dengan kelembaban udara diatas 98% dan dengan jarak pandang di bawah 1 kilometer.

"Biasanya muncul dikarenakan udara dingin yang berkondensasi dekat permukaan. Umumnya terjadi saat banyak hujan, dikarenakan partikel basah di atmosfer cukup banyak," cakapnya.

Kabut dekat permukaan tanah ini terjadi pada dini hari hingga pagi hari sebelum matahari muncul. "Jika matahari mulai muncul, maka kabut atau fog ini akan hilang dan jarak pandang kembali membaik," katanya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...