Trashod

Sehat Dari Sakit Jantung? Riset: Perbanyak Makan Pisang

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Penelitian baru menunjukkan bahwa makanan yang kaya kalium seperti pisang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena dapat mengurangi kemungkinan penyempitan aorta yang membuat dinding jantung menebal dan otot jantung kian lemah, sehingga memicu gagal jantung.

Tentu kalium tidak hanya terdapat pada buah pisang. Buah yang kaya akan kalium juga terdapat di alpukat, blewah, labu, dan buah yang kaya akan kalium lainnya.

Mengutip Healthline, para peneliti di Universitas Alabama di Birmingham (UAB) baru-baru ini menyimpulkan sebuah penelitian yang melibatkan seekor tikus sebagai gambaran korelasi soal kalium pada makanan.

"Temuan ini memiliki potensi translasi penting karena mereka menunjukkan manfaat dari suplementasi kalium yang memadai pada efek buruk dari asupan kalium yang rendah," begitu kata Dr Paul Sanders, profesor nefrologi di Departemen UAB Kedokteran dan rekan penulis studi, dalam sebuah pernyataan pers.

Maka dari itu konsumsi pisang sangat disarankan untuk menghindari risiko penyakit jantung.

Mengutip WebMd, setiap satu buah pisang mengandung sekitar 420 mg kalium. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat di dalamnya juga mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama serta membantu meningkatkan energi. Selain itu, pisang juga mengandung nutrisi penting lain, seperti antioksidan, vitamin B6, dan vitamin C.

Pisang juga tidak hanya membantu mencegah penyakit jantung. Pisang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko kanker. Pisang juga kaya serat dan dapat menurunkan risiko kanker, begitu sebut situs Medical News Today.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...